Martinus Sitompul

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) (2016)
Lahir: -
Karir
  • Kasubbid Opinev Bid Penum Div Humas Polri (2009)
  • Kabidhumas Polda Jabar (2011)
  • Kabidhumas Polda Metro Jaya (2014)
  • Analis Kebijakan Madya Divhumas Polri (dlm rangka Sespimti) (2015)
  • Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) (2016)
Pendidikan
  • Akademi Kepolisian (Akpol) (1989)

Kombes Pol Drs. Martinus Sitompul, M.Si. adalah seorang perwira menengah Polri yang sejak 13 Mei 2015 mengemban amanat sebagai Analis Kebijakan Madya Divhumas Polri. Martinus merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kabidhumas Polda Metro Jaya.


Tepatnya pada tanggal 1 November 2011 Martinus Sitompul diangkat sebagai Kabid Humas Polda Jawa Barat dengan pangkat Kombes Pol (Komisaris Besar Polisi). Pria yang akrab disapa Martinus ini sebelumnya merupakan Kapolres Bandung Timur yang terkenal dengan pengentasan preman yang berniat untuk mengubah hidup menjadi lebih baik.

Ia beralasan agar para preman meninggalkan kelakuan buruknya untuk sesuatu hal yang lebih baik. Sebelum menjabat sebagai Kabid Humas Polda Jawa Barat, pria lulusan SMA Negeri 1 Medan ini sempat menjabat sebagai Kabag Operasi Polwiltabes Bandung dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Selama menjabat sebagai Kabid Humas, Martinus sering menangani berbagai macam kejadian yang bersangkutan dengan tempat dirinya mengemban amanah. Menyinggung masalah pelik yang menimbulkan dilema berkepanjangan sepanjang demo penolakan kenaikan BBM, Martinus beberapa kali meminta maaf atas tingkah anak buahnya yang beberapa waktu lalu sempat terlibat pengeroyokan dengan wartawan maupun pendemo. Seperti diberitakan di beberapa media massa, bahwa anak buahnya sempat mengambil paksa kamera milik salah satu wartawan yang ingin mengambil gambar di gedung sate, lokasi demo diadakan.

Mewakili Kapolda Jawa Barat, Martinus mengucapkan permohonan maaf dan berjanji akan menindak-lanjuti oknum yang terbukti bersalah dalam insiden tersebut.

DarkLight