Mark Zuckerberg

CEO Facebook (2004)
Lahir: White Plains, New York, Amerika Serikat, 14 Mei 1984
Karir
  • CEO Facebook (2004)
Pendidikan
  • Phillips Exeter Academy
  • Harvard University (drop out)

Mark Elliot Zuckerberg adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet. Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, dan ia menjabat sebagai Presiden atau CEO dari perusahaannya tersebut. Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard.

Umurnya masih muda namun ia dikenal sebagai pemuda terkaya di dunia berkat perusahaannya tersebut, yang saat ini kita kenal dengan jejaring sosial bernama Facebook. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara dari orang tua pasangan dokter gigi dan psikiater. Sejak kecil Zuckerberg suka mengu­tak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan belajar membuatnya.

Ayahnya membelikannya sebuah perangkat komputer sejak ia beru­sia delapan tahun. Saat di sekolah menengah Phillips Exeter Academy, ia dan rekannya, D'Angelo, membuat plug-in untuk MP3 player Winamp. Plug-in adalah program komputer yang bisa berinteraksi dengan aplikasi host seperti web browser atau email untuk keperluan tertentu. Zuckerberg dan D'Angelo membuat plug-in untuk menghimpun kesukaan orang terhadap aneka jenis lagu dan kemudian membuat play­list-nya sesuai selera mereka.

Mereka mengirimkan program itu ke berbagai perusahaan termasuk ke AOL (American Online) dan Microsoft. Pada tahun terakhirnya di Phillips ia direkrut oleh Microsoft dan AOL untuk suatu proyek. Saat melanjutkan sekolah ke perguruan ting­gi keduanya harus berpisah. D'Angelo masuk Caltech sedangkan Zuckerberg masuk Harvard.

Di Harvard inilah Zuckerberg menemukan ide untuk membuat buku direktori mahasiswa online karena universitasnya tak membagikan face book atau sejenis buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mmahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Namun setiap kali ia menawarkan diri membuat direktori itu, Harvard menolaknya.

Alih-alih kapok ia malah membuat website baru dengan nama Facebook (www.thefacebook.com). Website ini ia luncurkan pada Februari 2004. Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash. Sasarannya tetap sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Dalam penjelasan di website-nya sekarang disebutkan bahwa Facebook adalah suatu alat sosial untuk membantu orang berkomunikasi lebih efisien dengan rekan, keluarga, atau rekan kerjanya.

Facebook menawarkan navigasi yang mudah bagi para penggunanya. Setiap pemilik account punya ruang untuk memajang fotonya, teman-temannya, network, dan melakukan hal lainnya seperti bisa berkirim pesan dan lain sebagainya.

Pada tahun 2010, Facebook telah memiliki kurang lebih 500 juta pengguna di seluruh dunia. Sejak tahun 2010, Mark telah disebut-sebut sebagai salah satu dari 100 orang terkaya dan paling berpengaruh di dunia dalam Person of the Year majalah TIME. Bahkan kisah hidupnya pun dijadikan inspirasi dalam sebuah film berjudul The Social Network.

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
Oktober 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 18 sentiment publik
72%
28%
September 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 19 sentiment publik
32%
68%
DarkLight