Mariah Carey

LahirHuntington, New York, US, 27 Maret 1970
Profesi
Karier
  • Penyanyi Amerika Serikat
Mariah Carey merupakan seorang publik figur yang multitalenta, dia seorang penyanyi, penulis dan pencipta lagu, produser rekaman, dan aktris asal Amerika Serikat.

Perempuan kelahiran Huntington 27 Maret 1970 ini memulai debut sebagai penyanyi pada tahun 1990 dibawah bimbingan eksekutif Columbia Records, Tommy Mottola yang tidak lain adalah sang suami, Mariah menjadi musisi pertama yang memiliki lima single pertamanya puncak US Billboard Hot 100 Chart.

Serangkaian lagu tersebut menjadikan Carey sebagai artist Columbia Records dengan penjualan tertinggi. Menurut majalah Billboard, dia adalah penyanyi yang paling sukses pada 1990-an di Amerika Serikat. Pada tahun 2000-an dia juga mendapat gelar penyanyi wanita terlaris milenium pada World Music Awards serta artis terbaik dekade 1990-an pada Billboard Music Awards pada tahun 1999. Pada tahun 2008, majalah Billboard mengurutkan Carey di nomor enam pada "The Billboard Hot 100 Top All-Time Artists". Dengan serangkaian prestasi tersebut Carey merupakan artis wanita paling sukses kedua setelah Madonna dalam sejarah Billboard Hot 100 chart.

Pada tahun 1997, pernikahannya dengan Tommy Mottola harus bercerai. Carey mengaku dia tidak bahagia dan tertekan karena tidak memiliki banyak kebebasan dari suaminya yang terlalu berkuasa dan menekan selama pernikahan mereka. Perceraian ini ternyata membawa dampak bagi kariernya dengan Columbia Records hingga akhirnya pada tahun 2001 dia memutuskan keluar dari Columbia dan menandatangani kontrak baru dengan Virgin Records. Beberapa bulan setelah itu, Mariah mengalami gangguan fisik dan emosional akibatnya terlalu banyak bekerja semua masa-masa sulit itu terjadi pada tahun 2001 hingga 2004.

Pada tahun 2005 Tahun 2005, Mariah Carey merilis album The Emancipation of Mimi yang bekerja sama dengan musisi seperti Jermaine Dupri, Kanye West, dan The Neptunes. Album ini ternyata sukses di pasaran dan menjadi salah satu albumnya yang paling sukses di sepanjang sejarah kariernya. Album ini juga menjadi album tersukses pada tahun 2005, membawakan kembali masa-masa kejayaan Carey.

Pada tahun 2008, Carey menikah dengan seorang aktor, komedian, rapper, dan presenter America's Got Talent, Nick Cannon yang usianya 11 tahun lebih muda dari Mariah. Mereka menikah di Kepulauan Bahama. Dari hasil pernikahannya memiliki sepasang anak kembar bernama Moroccan Scott Cannon (laki-laki) dan Monroe Cannon (perempuan) yang lahir pada tanggal 30 April 2011, bertepatan dengan hari jadi pernikahan mereka yang ketiga.

Pada tanggal 23 Juli 2012, Mariah Carey mengonfirmasi bahwa dirinya akan menjadi juri ajang pencarian bakat American Idol Musim 12 yang mulai tayang pada 16 Januari 2013, bersama teman lamanya Randy Jackson, musisi beraliran country Keith Urban dan penyanyi rap Nicki Minaj. Dia mencatatkan diri sebagai juri ajang pencarian bakat dengan bayaran termahal dengan nominal USD 18 juta per tahun.

Tahun 2018 ini Carey akan menggelar konser bertajuk “Borobudur Symphony 2018” yang digelar di Candi Borobudur, Jawa Tengah pada Selasa, 6 November 2018. Tiket konser Mariah Carey masih tersedia on the spot yaitu tiket Diamond, Platinum, dan Gold. Event Consultant Borobudur Symphony, Rajawali Indonesia Communication mencatat saat ini tiket telah terjual 75 persen dari 7.000 tiket yang disediakan.