Margareth Thatcher

LahirGrantham, Lincolnshire, Inggris, 13 Oktober 1925
Profesi
Karier
  • Ketua Partai Konservatif (1979-1990)
  • Ketua Oposisi (1975-1979)
  • Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (1970-1974)
  • Perdana Menteri Britania Raya (1979-1990)
Pendidikan
  • Somerville College, Oxford Inns of Court

Margaret Hilda Thatcher, Baroness Thatcher, adalah seorang politikus dari Britania Raya. Margareth merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai Perdana Menteri di Inggris. Ia memiliki masa jabatan terlama sepanjang abad ke-20 yaitu sejak tahun 1979-1990.

Mengawali karir sebagai kimiawan riset sebelum menjadi barrister, Thatcher terpilih menjadi Anggota Parlemen untuk wilayah Finchley pada tahun 1959. Edward Heath menunjuknya sebagai Menteri Negara untuk Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan pada tahun 1970.

Tahun 1975, Thatcher mengalahkan Heath pada pemilihan Ketua Partai Konservatif dan menjadi Ketua oposisi, sekaligus wanita pertama yang memimpin partai politik besar di Britania Raya. Ia menjadi Perdana Menteri setelah memenangkan pemilu 1979.

Thatcher terpilih kembali untuk ketiga kalinya pada tahun 1987, tetapi Community Charge-nya (pajak pemungutan suara) sangat tidak populer dan pandangannya terhadap Komunitas Eropa tidak diungkapkan kepada Kabinetnya.

Ia mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri dan ketua partai pada November 1990, setelah Michael Heseltine menantang kepemimpinannya. Thatcher memegang gelar bangsawan seumur hidup sebagai Baroness Thatcher dari Kesteven di County Lincolnshire. Gelar ini memberinya tempat di Majelis Tinggi.

Margaret pertama kali mencalonkan diri sebagai Anggota Parlemen Inggris pada tahun 1950 mewakili konstituen Dartford. Ia dikalahkan dalam pemilihan itu dan ketika Inggris kembali mengadakan pemilihan umum 1951, ia kalah lagi meskipun Partai Konservatif yang dipimpin oleh Winston Churchill memenangkan pemilu tahun itu atas Perdana Menteri Clement Attlee dari Partai Buruh (Labour).

Ia menikah dengan Denis Thatcher pada tahun 1951 dan tidak mencalonkan diri pada tahun 1955 karena ingin fokus pada keluarganya. Pada tahun 1959, ia mencalonkan diri lagi di Finchley sebagai Anggota Parlemen untuk ketiga kalinya. Ia menang kali ini dan masuk ke Parlemen. Ia berhasil menduduki banyak posisi strategis di pemerintahan Harold McMillan meskipun posisi itu di berada di bawah menteri negara secara hierarki.

Thatcher mengundurkan diri pada November 1990, namun ia tetap menjadi Anggota Parlemen dan duduk di Backbench hingga 1992. Ia masih menjadi tokoh yang aktif di publik Inggris meskipun pada kenyataannya citranya terpolarisasi.
Thatcher diakui berhasil mentransformasi Inggris terutama dalam bidang ekonomi dan sosial. Ia mengubah negaranya dari negara kuno menjadi negara modern dengan eksistensi besar di pergaulan internasional. Thatcher bekerja di Philip Morris sebagai konsultan geo politik namun ini tidak lama. Thatcher juga dibayar mahal untuk setiap pidatonya.
Setelah suaminya, Denis meninggal pada tahun 2003, ia menjadi pembicara aktif. Pada tahun 2007, sebuah patungnya di Westminster dipasang, Perdana Menteri lain yang juga dibuatkan patung di sana hanyalah Winston Churchill dan Lloyd George.

Thatcher memiliki riwayat kesehatan yang buruk selama beberapa tahun sebelum kematiannya. Ia sempat dikabarkan menderita stroke dan terkena serangan beberapa kali dan mulai jarang terlihat di publik sejak menjalani perawatan serangan stroke pada tahun 2002. Thatcher meninggal di London, pada 8 April 2013 setelah menderita stroke.