Lieus Sungkharisma

LahirCianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 11 Oktober 1959
Profesi
Karier
  • Pengusaha Indonesia
Lieus Sungkharisma atau bernama lain Li Xue Xiung merupakan aktivis sosial, pengusaha dan juga aktif dalam perpolitikan Indonesia. Pria berdarah Tionghoa-Indonesia ini pernah aktif dalam beberapa organisasi seperti Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (PARTI), di mana dalam partai tersebut Lieus pernah menjadi ketua umumnya.

Selain itu dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Depinas SOKSI (Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) pada 1986 hingga 1991 dan Ketua di DPP AMPI (Angkatan Muda Pembaruan Indonesia) serta organisasi lainnya. Selain organisasi, Lieus juga mengelola tabloid Naga Post.

Dalam perpolitikan Indonesia, Lieus sempat menyatakan dukungannya terhadap Joko Widodo dalam ajang Pilpres 2014. Namun, kemudian dia berbalik arah dengan mendukung Prabowo dalam Pilpres 2019. Bahkan dia menjadi Juru Kampanye (Jurkam) Nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Sedangkan dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, dia menyatakan dukungannya kepada Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Pada 20 Mei 2019, Lieus ditangkap polisi dengan atas kasus dugaan makar. Eman Soleman seorang wiraswasta melaporkan Lieus, laporan teregistrasi dengan nomor LP/B/0441/B/2019/Bareskrim bertanggal 7 Mei 2019.