Li Keqiang

LahirDingyuan, Anhui, 1 Juli 1955
Profesi
Karier
  • Perdana Menteri Cina

Li Keqiang adalah seorang tokoh politik di Cina. Sejak Maret 2013 ia menjabat sebagai Perdana Menteri Republik Rakyat Cina. Dalam Kongres ke-12 Rakyat Nasional Cina menetapkan Li Keqiang sebaga Perdana Menteri Cina yang baru, dan menggantikan Wen Jilbao untuk masa jabatan lima tahun mendatang melalui proses pemungutan suara.

Pria berusia 61 tahun ini lebih banyak menjalani karir politiknya di bidang pendidikan, dan kepemudaan hingga tahun 1998. Li Keqiang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Cina. Ia mengawali karir politiknya pada tahun 1974 dan bergabung di Partai Komunis Cina pada Mei 1976.

Ia berlatar belakang pendidikan ekonomi dan mulai berkarir sebagai sekretaris partai pada tahun 1998 di partai Komunis Cina Provinsi Henan dan pada tahun 2002-2003 ia dipercaya sebagai sekretaris pada partai di provinsi yang sama.

Karir politiknya terus meroket sejak tahun 2008 dan ia berhasil menduduki berbagai jabatan penting di Cina. Li Keqiang juga menduduki jabatan nomor dua dalam Partai Komunis Cina selama dua masa jabatan yakni selama 10 tahun.