Lady Gaga

Penyanyi Solo Amerika Serikat
LahirNew York City, Amerika Serikat, 28 Maret 1986
ProfesiPenyanyi Solo Amerika Serikat
Karier
  • Penyanyi Solo Amerika Serikat

Stefani Joanne Angelina Germanotta, lebih dikenal dengan nama panggungnya Lady Gaga, adalah seorang penyanyi pop Amerika Serikat. Setelah tampil dalam kancah musik rock di New York bagian Lower East Side pada tahun 2003 dan kemudian mendaftar di New York University, Tisch School of the Arts, ia segera menandatangani kontrak dengan Streamline Records, sebuah anak perusahaan Interscope Records.

Selama waktu awal Gaga di Interscope, ia bekerja sebagai penulis lagu untuk artis label sesama dan menarik perhatian artis rekaman Akon, yang mengakui kemampuan vokalnya, dan mengontraknya ke label miliknya sendiri, Kon Live Distribution.

Sejak kecil, kegemaran GaGa adalah bermain musik dan mencipta lagu. Terinspirasi dari masa kecilnya itu, GaGa kemudian memilih jalur musik sebagai bidang studinya dengan mengambil pendidikan di Tisch School of the Arts yang dikelola oleh Universitas New York pada usia 17 tahun. Di sekolah seni itulah GaGa menempa bakatnya dalam bermain musik dan mencipta lagu.

Di tahun 2008, Gaga merilis debut album pertamanya yang berjudul "The Fame" di bawah naungan label rekaman Interscope Record. Berkat album itu, dirinya meraih penghargaan Grammy 2010 untuk kategori Best Electronic/Dance Album dan Best Dance Recording. Kepiawaiannya bernyanyi dapat disaksikan lewat beberapa singlenya yang menjadi hits seperti "Poker Face", "Just Dance", "Bad Romance" dan "Telephone".

Ciri khasnya tersebut kembali muncul saat tampil di video musik "Telephone" dimana dia juga tampil dengan mengenakan kostum serba minim dan topi koki lengkap dengan wig yang dibentuk seperti telepon. Bahkan, di kehidupan sehari-hari dia juga muncul dengan gaya uniknya itu, yakni ketika mengenakan topi berbentuk lobster keperak-perakan saat makan malam di Restoran Chow di London dan tampil di depan publik hanya dengan wig pirang yang dibentuk seperti pita dan mengenakan pakaian senam ketat dibalut dengan blazer.

Pada Grammy Awards 2019, Lady Gaga berhasil memborong beberapa piala yaitu “Best Pop Duo/Group Performance” dan “A Song Written for Visual Media” melalui lagu ""Shallow" yang dinyanyikan Lady Gaga dan Bradley Cooper dari film A Star Is Born.