Koesyono Koeswoyo

Musisi Indonesia
Lahir: Tuban, Jawa Timur, Indonesia, 27 September 1940
Karir
  • Musisi Indonesia

Koesyono Koeswoyo atau yang lebih dikenal dengan nama Yon Koeswoyo adalah musisi Indonesia yang merupakan anggota band legendaris Koes Ploes. Yon meninggal dunia pada 5 Januari 2018 akibat menderita sakit komplikasi. Yon sempat dirawat di RS Eka Hospital BSD.

Yon meninggalkan empat orang anak dari dua pernikahannya. Dari pernikahannya bersama Damiana Susi yaitu Gerry Koeswoyo dan David Koeswoyo dan bersama Bonita Angela yakni Bela Aron dan Kenas.

Karier bermusik Yon di ranah musik Tanah Air dimulai sejak tahun 1962 dengan membentuk sebuah band yang bernama Koes Bersaudara. Saat itu personelnya terdiri dari Tonny Koeswoyo, Yon, Yok, dan Nomo.

Pada 1969, nama Koes Bersaudara berganti nama menjadi Koes Ploes. Ada pergantian personel yaitu Murry masuk menggantikan Nomo sebagai drumer.

Bersama Koes Bersaudara, Yon menyanyikan lagu-lagu terkenalnya yaitu "Telaga Sunyi", "Pagi yang Indah", "Bis Sekolah", dan "Dara Manisku". Lagu lain yang dinyanyikan oleh Yon saat bersama Koes Plus di antaranya "Kolam Susu", "Diana", dan "Bujangan".

Sumber data:

Yon Koeswoyo Meninggal Dunia karena Sakit Komplikasi

DarkLight