Karl Heinrich Marx

Filsuf Jerman
Lahir: Prusia, 5 Mei 1818
Karir
  • Filsuf Jerman

Karl Heinrich Marx merupakan seorang filsuf, tokoh sosiologi, pakar ekonomi yang terkenal dengan bukunya “Das Kapital” dan “Manifesto Komunis”.

Marx menjalani pendidikannya di Universitas Bonn jurusan hukum pada tahun 1835. Setahun kemudian, Marx pindah ke universitas yang lebih baik menurut ayahnya yaitu Friedrich-Wilhelms-Universität di Berlin. Marx kemudian mulai menulis puisi dan esai.

Pada 1814, Marx mendapatkan gelar doktornya dengan tesis berjudul ‘The Difference Between the Democritean and Epicurean Philosophy of Nature’. Ketika di Berlin, minat Marx terhadap filsafat mulai tumbuh dan bergabung dengan Pemuda Hegelian.

Setelah lulus, Marx sempat bekerja sebagai penulis di koran radikal-liberal kemudian menjadi editor kepala. Namun, koran tempat dia bekerja ditutup oleh pemerintah karena alasan politis.

Esai-esai yang ditulis Marx menyebarkan prinsip-prinsip demokrasi dan humanisme. Nama Marx juga dikenal karena analisisnya dalam bidang sejarah seperti dalam buku Manifesto Komunis yang terbit pada 1848. Pada 1849, Marx pindah ke London dan mulai menarik diri dari aktivitas revolusionernya beralih ke penelitian tentang cara kerja sistem kapitalis.

Pada 1864, Marx terlibat dalam aktivitas politik dengan bergabung dengan gerakan pekerja Internasional. Pada 14 maret 1883, Marx meninggal di usianya yang 64 tahun.

DarkLight