STOP PRESS! 2 Terluka Akibat Kabar Hoax Menara Masjid Raya Bandung Roboh

Ivan Venko Kolev

Ivan Venko Kolev

Lahir
Bulgaria, 14/07/1957
Profesi
Pelatih Sepak Bola Indonesia (-)
Agama
Tidak Diketahui
Karier
  • Pelatih Sepak Bola Indonesia (-)

Ivan Venko Kilev merupakan seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola asal Bulgaria. Ia pernah menjabat sebagai pelatih untuk tim nasional sepak bola Indonesia. Sebelum ditunjuk menjadi pelatih timnas sepak bola Indonesia pada 18 Januari 2007, Ivan Kolev pernah menjabat sebagai pelatih timnas periode 2002-2004. Ia menggantikan Peter Withe, pelatih asal Inggris. Ia diangkat kembali oleh PSSI karena dinilai cukup mengetahui karakter timnas Indonesia. Selain itu, juga karena ia cukup fasih berbahasa Indonesia, sehingga memudahkan untuk berkomunikasi dengan timnya.


Kolev ikut mengharumkan nama Indonesia di Piala Asia 2007 sekaligus membuat tim nasional disenangi banyak orang. Tapi semua seakan segera berakhir ketika dia diminta menangani tim nasional ke SEA Games 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand. Kolev gagal memenuhi target medali emas karena hanya diberi waktu dua bulan sebelum ke pesta olahraga Asia Tenggara itu. Dia pun dipecat.


Pada 2017, Ivan Kolev didaulat menjadi pelatih PS TNI menggantikan Laurent Hatton, yang dicopot secara kontroversial oleh the army.