Hyuna

LahirSeoul, Sudogwon, Korea Selatan, 6 Juni 1992
Profesi
Karier
  • Penyanyi Korea Selatan
Kim Hyun-ah atau yang lebih dikenal dengan nama HyunA merupakan seorang penyanyi, penulis lagu dan sekaligus seorang rapper dari Korea Selatan yang bernaung di bawah label Cube Entertainment.

Kariernya dimulai saat menjadi anggota Wonder Girls pada tahun 2000an, namun pada tahun 2007 perempuan kelahiran Seoul 6 Juni 1992 ini memutuskan untuk keluar dari grup tersebut.

Pada tahun 2009 dia akhirnya bergabung dengan 4Minute. Namun, akhirnya dia memutuskan untuk bersolo karier pada tahun 2010.

Setelah bersolo karier dia mengeluarkan single yang berjudul “Change” dirilis pada 4 Januari 2010 dengan format digital download bergenre dance-pop dan hip hop. Lagu ini menempati posisi kedua di Gaon Digital Chart.

Setelah itu HyunA merilis Album pertamanya pada tahun 2011 berjudul “Bubble Pop!”. Melalui album tersebut perempuan ini berhasil menjual dua setengah juta kopi dan Hyuna menjadi penyanyi solo perempuan Kpop dengan viewers YouTube terbanyak pada tahun 2012, sebanyak 100 juta penonton dalam satu video.

Sempat berkolaborasi dengan Psy di single “Gangnam Style” yang dirilis pada 15 Juli 2012. Lalu pada tahun yang sama Hyuna kembali merilis album mini berjudul “Melting” pada 21 Oktober 2012. Single Hyuna  yang berjudul "Ice Cream” berhasil menduduki posisi pertama di Gaon chart.

Pada tahun 2016 perempuan kembali merilis albumnya yang berjudul “A’wesome” dengan single “How’s This?” dan disusul dengan debut pertamanya konser di Amerika Serikat. Hyuna juga sering berkolaborasi dengan beberapa artis Cube Entertainment, sempat membentuk duo Trouble Maker dengan Jang Hyun-seung pada tahun 2011.

Pada 13 September 2018 Hyuna resmi dikeluarkan dari Cube Entertainment, karena agensi tersebut sudah tidak bisa menjalin kepercayaan dengan Hyuna.