Hugh Hefner

LahirChicago, Amerika Serikat, 9 April 1926
Profesi
Karier
  • Pendiri Playboy Enterprise
Pendidikan
  • University of Illinois, Amerika Serikat

Hugh Hefner adalah pendiri majalah Playboy terlahir pada 9 April 1926 di Chicago, Illinois Amerika Serikat dari pasangan Grace Caroline dan Glenn Lucius Hefner yang berprofesi sebagai guru.

Hefner lulus dari University of Illinois dan bekerja sebagai copywriter untuk majalah Esquire, hingga akhirnya ia meluncurkan majalah Playboy pada bulan Desember 1953. Majalah Playboy didirikan lebih dari 60 tahun lalu dengan konsep majalah pria kelas atas yang menggabungkan gambar wanita telanjang yang disertai artikel, wawancara dan fiksi yang mendalam dari berbagai penulis terkenal seperti Ray Bradbury, Ian Fleming, Joseph Heller, Jack Kerouac dan Margaret Atwood.

Saat menerbitkan edisi perdana majalah Playboy yang sebelumnya akan diberi nama majalah Stag Party. Agar dapat menerbitkan majalah Playboy perdananya, Hefner menggunakan perabotan rumahnya untuk mendapatkan pinjaman dari bank sebesar 600 ribu dolar AS dan berhasil mendapatkan uang dari 45 investor sebesar 8,000 ribu dolar AS. Marylin Monroe merupakan salah satu model yang ada di dalam majalah Playboy edisi perdana dan berhasil terjual sebanyak 50.000 eksemplar.

Selain sibuk mengurusi penerbitan majalah Playboy, Hefner juga sempat terjun ke layar perak, dan mendapatkan penghargaan Hollywood Walk of Fame. Dalam penampilannya di miniseri Miss March, Hefner dinominasiakan sebagai “aktor pendukung terburuk”.

Dalam bidang politik, Hefner mendonasikan uang dan menggalang dana untuk Partai Demokrat, namun atas ketidakpuasan yang dirasakan Hefner atas Partai Demokrat dan Partai Republik ia pada akhirnya memilih sikap untuk independen.

Penggalangan dana juga dilakukan oleh Hefner untuk penyelamatan lingkungan dan kemanusiaan, diantaranya adalah penggalangan dana untuk Much Love Animal Rescue dan Generator Rescue suatu organisasi kontroversial yang berkampanye untuk penderita autis. Hefner juga dikenal kontroversi karena dukungan yang diberikannya pada perkawinan sesama gender. Hefner berpendapat bahwa perjuangan untuk (legalisasi) pernikahan gay merupakan perjuangan asasi.

Earn The Necklage merilis, hingga tahun 2017 Hefner memperoleh total kekayaan bersih sebesar 50 juta dolar AS. Sebelumnya di tahun 2011, perusahaan Playboy miliknya bernilai 200 juta dolar AS, namun dia kehilangan 80 persen saham di perusahaannya sendiri karena pembelian leveraged oleh Icon Acquisition Holdings dan Rizvi Traverse.

Hugh Hefner, meninggal dunia di usia 91 tahun, Rabu 28 September 2017 malam waktu setempat. Hefner meninggal di rumahnya, Playboy Mansion, Los Angeles, menurut Playboy Enterprise dalam sebuah pernyataan. 

Sumber riset: https://profil.merdeka.com/ mancanegara/h/hugh-hefner/

https://tirto.id/hugh-hefner-bos-playboy-tinggalkan-harta-50-juta-dolar-as-cxqW