Hinca Panjaitan

LahirAsahan, Sumatera Utara, Indonesia, 25 September 1964
Profesi
Karier
  • Sekretaris Jenderal Partai Demokrat
Pendidikan
  • Universitas HKBP Nommensen
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Pelita Harapan

Hinca Panjaitan adalah seorang politikus Indonesia. Ia merupakan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat sejak Mei 2015. Hinca juga pernah menjabat sebagai Ketua DPP-Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat serta menjadi anggota komite konvensi penjaringan calon presiden Partai Demokrat.

Selain aktif di partai politik, Hinca juga dikenal sebagai pengurus PSSI. Tercatat bahwa ia sempat menjadi Ketua Komisi Disiplin PSSI. Pada Kongres Luar Biasa PSSI tanggal 18 April 2015 di Surabaya, Hinca terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI bersama Erwin Dwi Budiawan.

Lahir pada 25 September 1964, pria berusia 51 tahun ini juga merupakan sosok penting di dunia sepakbola Indonesia. Hinca pernah menjadi pengurus organisasi tertinggi di persepakbolaan Indonesia, PSSI. Tercatat Hinca sempat menjadi Ketua Komisi Disiplin PSSI dan Wakil Ketua Umum PSSI pada Kongres Luar Biasa PSSI di Surabaya 18 April 2015.

Pernah menjadi Ketua Komdis PSSI, Hinca memang dikenal sebagai pribadi yang tegas. Pria lulusan Universitas Pelita Harapan dengan gelar Doktor di bidang hukum ini menjadi aktor utama didiskualifikasinya PSS Sleman dan PSIS Semarang di babak 8 besar Divisi Utama. Kedua tim ini sendiri memainkan sepakbola gajah dengan sengaja mengatur hasil akhir pertandingan.

Beralih ke kehidupan pribadinya, Hinca merupakan suami dari Engelbertha EP Silalahi yang dipersuntingnya pada 1993. Pasangan ini memiliki tiga orang anak yaitu Lachzamana TFA Pandjaitan XIV, Qhanszelir Pandjaitan XIV, dan Qhaizshar IQL Pandjaitan XIV.