Henry Yosodiningrat

LahirLampung, Indonesia, 1 April 1954
Profesi
Karier
  • Anggota DPR-RI
Pendidikan
  • Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

H. KRH. Henry Yosodiningrat, SH dikenal sebagai pengacara dan pendiri lembaga antinarkoba garda di negeri ini: Granat (Gerakan Nasional Antipenyalahgunaan Narkotika dan Obat-Obatan Berbahaya).

Masa kanak-kanak dan pendidikan sekolah dasar dijalani Henry berpindah-pindah, antara lain SR di Krui, Pugung Tampak, SD Negeri I Liwa dan di Metro karena mengikuti tugas ayahnya yaitu camat. Setelah tamat SD di SD Negeri 8 Metro pada tahun 1967, Henry melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri di Metro dan tamat pada tahun 1970.

Henry pun berpindah-pindah SMA. Mulai dari SMA Negeri Metro pindah ke SMA Negeri 3 Palembang, kembali lagi ke Metro kemudian pindah jauh ke Yogyakarta. Henry merupakan Alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dan meraih gelar Sarjana Hukum pada 1981. Sebagai keturunan dari generasi ke-13 Sai Batin marga Pugung Penengahan, Henry diberi gelar Kapitan Mahkota Raja ketika ia menikah dengan Rr. Soeltiana Endang Moerniningsih.

Pria kelahiran Lampung ini menjadi anggota komisi II DPR-RI melalui daerah pemilihan Lampung II. Komisi II DPR-RI sendiri bergerak di bidang Pemerintahan dalam negeri & otnomi daerah. Aparatur dan reformasi, briokrasi , kepemiluan, pertahanan dan performa agraria.