Henrikh Mkhitaryan

LahirArmenia, 21 Januari 1989
Profesi
Karier
  • Pemain Sepakbola Arsenal
Henrikh Mkhitaryan adalah pemain sepakbola asal Armenia yang memperkuat Arsenal sejak 2018. Selain itu Mkhitaryan juga menjadi salah satu pemain yang memperkuat timnas Armenia.

Pesepakbola berposisi gelandang ini memulai karier sepakbolanya saat bergabung dengan klub lokal Armenia, FC Pyunik, pada 2006. Pada 2010, Mkhitaryan hijrah ke Shakhtar Donetsk kemudian merapat ke Borussia Dortmund. Mkhitaryan juga pernah memperkuat Manchester United pada 2016 hingga 2018.

Sedangkan dalam ajang internasional, Mkhitaryan memperkuat Armenia dan memulai debutnya saat melawan Panama pada Januari 2007. Dalam kualifikasi Euro 2012 Grup B, Mkhitaryan tercatat sebagai pencetak gol terbanyak yaitu enam gol.

Selama bermain untuk klub-klub di Eropa, dia tidak bisa menginjakkan kakinya di Azerbaijan. Hal ini terjadi karena Armenia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Azerbaijan, setelah terjadi sengketa di wilayah Nagorno-Karabakh.

Pada Oktober 2015, saat dia berseragam Borussia Dortmund, dia tidak bisa tampil saat klubnya melawan Gabala FC dalam ajang Liga Eropa.

Ketika dia memperkuat Arsenal, dia tidak bisa tampil membela The Gunners saat menaklukkan klub asal Azerbaijan, Qarabag. Pada gelaran Liga Eropa 2018/2019, dia dipastikan tidak bisa menemani Arsenal dalam ajang final melawan Chelsea pada 30 Mei 2019 di stadion Baku, Azerbaijan.