Henri Subiakto

Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa
Lahir-
ProfesiStaf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa
Karier
  • Dosen Universitas Airlangga Surabaya
  • Pakar Ilmu Komunikasi Politik
  • Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa

Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, S.H., M.Si., adalah seorang pengajar atau dosen di Universitas Airlangga Surabaya. Ia merupakan seorang pakar di bidang Ilmu Komunikasi Politik.

Pada tanggal 30 April 2016, Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, S.H., M.Si., dikukuhkan sebagai guru besar untuk bidang Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

Di pengukuhan guru besar tersebut, Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, S.H., M.Si., membacakan orasi ilmiahnya yang berjudul "Transformasi Teknologi Komunikasi Digital terhadap Perubahan Sosial sebagai Persoalan Aktual". Penelitiannya menjelaskan bahwa realitas teknologi informasi dan komunikasi melahirkan Over The Top (OTT) yang menguasai bisnis komunikasi.

Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, S.H., M.Si., menjabarkan bahwa  rata-rata Over The Top, merupakan digital native yang lahir di tengah derasnya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Hasil dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi tersebut memunculkan generasi 'digital native' (kelahiran 1990-an) yang akrab dengan teknologi digital dan generasi 'digital immigrant', generasi masa lalu yang 'beradaptasi' dengan teknologi digital.

Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, S.H., M.Si., menjelaskan bahwa perkembangan teknologi digital membawa dampak yang besar seperti halnya revolusi industri di Eropa pada abad ke-15. Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi digital juga  memunculkan perubahan besar-besaran dalam bidang sosial, politik, ekonomi, dan sebagainya.

Migrasi digital secara cepat, merupakan tawaran yang diberikan oleh Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, S.H., M.Si., sebagai soulis untuk beradaptasi. Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya fenomena teknologi digital tersebut, itu membuktikan adanya keterkaitan yang saling memperngaruhi antara teknologi (maya) dan manusia (fisik).

Selain menjadi pengajar atau dosen di Universitas Airlangga, Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, S.H., M.Si., juga menjabat sebagai Staf Ahli Menkominfo untuk bidang Komunikasi dan Media Massa.