Hendra Setiawan

LahirPemalang, Jawa Tengah, Indonesia, 25 Agustus 1984
Profesi
Karier
  • Atlet Bulu tangkis

Hendra Setiawan adalah salah satu pemain bulu tangkis Indonesia. Hendra Setiawan mengawali kariernya berpasangan dengan Markis Kido dan pernah menduduki peringkat ke-2 dunia IBF untuk ganda putra. Gelar yang pernah didapat adalah juara dunia 2007 di Malaysia, juara China Super Series 2007 dan Hongkong Super Series 2007. Pada tahun 2008 juga menjadi pasangan Kido/Setiawan juara di Malaysia Super Series.

Hendra Setiawan bersama pasangannya Markis Kido berhasil meraih medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Beijing 2008 untuk cabang bulu tangkis ganda putra. Di partai final pada tanggal 16 Agustus 2008 itu, mereka berhasil menaklukkan pasangan RRC Cai Yun/Fu Haifeng melalui pertarungan sengit 3 set dengan skor 12-21, 21-11, 21-16.

Dalam laga SEA Games 2011, pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan dikalahkan oleh adik dari Markis Kido di final dengan pasangannya Mohammad Ahsan/Bona Septano, sehingga Kido dan Hendra hanya berhasil memboyong perak untuk Indonesia. Kemudian di laga terbaru Hendra bersama pasangan mainnya, yaitu Macau Open 2011, jalan kemenangan mereka juga harus berhenti di babak kuarter final setelah berhadapan dengan pasangan dari Indonesia Alvent Yulianto/Hendra Gunawan.

Hendra mengakhiri masa lajangnya dengan kekasihnya yang bernama Sandiani Arief pada 9 Oktober 2011 lalu. Hendra mengaku mereka berdua hanya sempat berbulan madu ke hotel lantaran Hendra masih harus sibuk turun ke lapangan untuk mengikuti kejuaraan bulu tangkis.

Hendra bersama Mohammad Ahsan meraih gelar juara dunia ganda putra untuk pertama kali di final BWF World Championships 2013 yang digelar di China. Meski menyabet gelar juara dunia, ia mengaku tidak berambisi mengejar peringkat nomor satu dunia. Yang terpenting adalah memberi penampilan terbaik saat bertanding mewakili Indonesia. Atas prestasinya ini, pasangan Hendra dan Ahsan berhasil melesat ke peringkat dua dunia dari ranking lima.