Hamzah Haz

Wakil Presiden Republik Indonesia (2001-2004)
Lahir: Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia, 15 Februari 1940
Karir
  • Wakil Presiden Republik Indonesia (2001-2004)

Hamzah Haz adalah Wakil Presiden Republik Indonesia ke-9, ia mendampingi Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri sejak tahun 2001-2004. Laki-laki kelahiran Ketapang, Kalimantan Barat 15 Februari 1940 ini, sejak SMP sudah aktif berorganisasi. Setelah menyelesaikan sekolahnya di Sekolan Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Hamzah Haz sempat menjadi wartawan di Surat Kabar Pontianak Bebas namun hanya satu tahun karena ia harus ikut ayahnya pindah ke Yogyakarta dan melanjutkan pendidikannya disana.

Selama kuliah, Hamzah Haz masih aktif berorganisasi dan mendirikan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia sekaligus terpilih sebagai ketuanya. Setelah menyelesaikan kuliahnya pada 1965 dan mendapatkan gelar sebagai sarjana muda, Hamzah Haz kembali ke Pontianak untuk meneruskan kuliahnya di Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura dan mengambil jurusan Ilmu Perusahaan. Setelah lulus, Hamzah Haz menjadi dosen di Universitas tersebut.

Selain kegiatan akademis, Hamzah Haz juga menjadi Ketua Presidium KAMI Konsulat Pontianak sebagai perwakilan di DPRD Kalimantan Barat. Sebelum mewakili Nahdatul Ulama (NU) di Gedung DPR/MPR pada 1971, ia terlebih dulu menjadi Wakil Ketua DPW Nahdatul Ulama (NU) Kalimantan Barat.

Setelah NU bergabung ke dalam Partai Persatuan Pembangunan (PPP), ia terpilih menjadi anggota DPR dari Fraksi PPP dan sempat beberapa kali menjadi pengurus di partai itu, hingga akhirnya terpilih menjadi ketua DPP PPP.

Pada tahun 1998 Hamzah Haz menjadi Menteri Negara Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam Kabinet Presiden B.J. Habibie, namun pada tanggal 10 Mei 1999 ia mengundurkan diri sebab adanya desakan dari masyarakat agar pimpinan partai tidak menjabat sebagai menteri. Tanggal 29 Oktober 1999 Hamzah Haz kembali diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Masyarakat dan Pengentasan Kemiskinan dalam Kabinet Presiden Abdul Rahman Wahid (Gus Dur) namun namanya dicoret oleh Gus Dur.

Hamzah Haz terpilih sebagai Wakil Presiden ke-9 pada tanggal 26 Juni 2001 setelah Abdul Rahman Wahid lengser dari kursi kepresidenan lalu digantikan oleh Megawati Soekarno Putri. Namun saat itu Hamzah Haz tidak langsung menempati kursi wakil presiden, karena harus melalui proses pemilihan dan bersaing dengan tokoh politik lainnya.


https://profil.merdeka.com/indonesia/h/hamzah-haz/

https://id.wikipedia.org/wiki/Hamzah_Haz

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
November 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 302 sentiment publik
85%
1%
14%
Oktober 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 86 sentiment publik
84%
1%
15%
DarkLight