Habiburokhman

LahirMetro, Lampung, 17 September 1974
Profesi
Karier
  • Ketua DPP Partai Gerindra
  • Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra
Pendidikan
  • Universitas Lampung (Unila)
  • Magister Fakultas Hukum Universitas Indonesia
  • Magister Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya

Habiburokhman atau yang akrab disapa Habib adalah seorang politisi Partai Gerindra. Ketua DPP Partai Gerindra ini menjadi ramai diperbincangkan di berbagai media masa terkait dengan pernyataannya yang siap terjun dari Tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini meragukan klaim organisasi Teman Ahok yang menyebut sudah mengumpulkan 730 ribu lebih KTP dukungan warga Jakarta kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk maju kembali dalam Pilkada Jakarta secara independen.

Tercatat hingga saat ini 22 Juni 2016, telah terkumpul sebanyak 1.024.632 KTP yang berhasil dikumpulkan oleh Tim Teman Ahok. Ketua DPP Bidang Advokasi Partai Gerindra Habiburokhman menegaskan siap menanggung konsekuensi atas pernyataannya di sosial media yang bersedia terjun bebas dari Puncak Monas.

Habib lahir di Kota Metro, Lampung, 17 September 1974. Gelar Sarjana Hukum diraihnya di Universitas Lampung (Unila). Habib menyandang dua gelar master. Masing-masing dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya.

Saat kuliah di Unila Habib aktif di sejumlah organisasi. Pria yang kini bermukim di Bekasi, Jawa Barat ini pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum FH Unila, dan Ketua Komisariat HMI FH Unila 1997. Ia hijrah ke Jakarta dan sempat menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Mahasiswa dan Pelajar Lampung dan Ketua Serikat Pengacara Rakyat.

Sebagai seorang Pengacara, karirnya antara lain tercatat sebagai Maanaging Partner Kantor Hukum Habib & Co, Direktur LBH Konsumen, dan Direktur LBH BUMN. Di kalangan wartawan, namanya sudah tidak asing lagi, ia begitu intens muncul dalam pemberitaan terutama pada saat Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014. Ia diketahui sebagai salah satu loyalis Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga merupakan Calon Presiden pada 2014.

Pada Pemilu Legislatif tahun 2014, Habib mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Dapil Jawa Barat VII, namun ia gagal lolos melenggang ke Senayan. Kini ia menjabat sebagai Ketua Bidang Advokasi DPP di Partai Gerindra.