George Harrison

LahirLiverpool, Inggris, 25 Februari 1943
Profesi
Karier
  • Gitaris The Beatles

George Harrison MBE, adalah musisi, penyanyi, penulis lagu dan produser film Britania Raya. Ia paling dikenal sebagai gitaris grup musik The Beatles.

George telah menikah 2 kali, istri pertamanya adalah Patricia Anne Boyd yang dinikahinya pada 1966 dan bercerai 1975, dan kemudian pada tahun 1978 ia menikahi Olivia Arias Harrison. Dari pernikahannya dengan Olivia, George memiliki seorang putra yang diberi nama Dhani Harrison (1978).

Harrison memulai karirnya sebagai seorang musisi ketika usianya menginjak 17 tahun, bersama rekannya John Lennon, Paul McCartney, Stucliffe dan Pete Best dalam grup The Quarrymen, yang kemudian menjadi cikal The Beatles.

Setelah The Beatles bubar, George memutuskan untuk bersolo karir. Selain itu ia juga membuka bisnis di dunia perfilman dan rekaman. Lagu-lagu yang dirilis sebagai single atau album, mendapatkan pengakuan dalam dunia musik. Sebelumnya George Harrison juga telah menciptakan musik untuk soundtrack film Wonderwall (1968) yang berjudul Wonderwall Music dan juga musik religius Hindu dalam The Radha-Krishna Temple Album (1969).

Pada tahun 1990-an, Harrison didiagnosa terkena kanker tenggorokan akibat kebiasaannya merokok selama puluhan tahun. Penyakit ini kemudian berkembang menjadi kanker paru-paru. George Harrison kemudian dinyatakan meninggal dunia pada tahun 2001.