Gabriel Garcia Marquez

Penulis Kolombia
Lahir: Kolombia, 6 Maret 1927
Karir
  • Penulis Kolombia
Gabriel Jose de la Concordia García Msrquez adalah penulis dan aktivis politik yang berasal dari Kolombia. Dia termasuk penulis yang berpengaruh di abad 20 dengan karya-karya yang terkenalnya seperti “One Hundred Years of Solitude”, “Of Love and Other Demons”, dan “Love in the Time of Cholera”. Novel pertamanya yang dia tulis diterbitkan pada 1962 dengan judul “In Evil Hour”.

Bahkan “Love in the Time of Cholera” sudah diangkat ke dalah film dengan judul yang sama dan dibintangi oleh Javier Bardem dan Giovanna Mezzogiorno.

Karya-karya lain yang ditulis Marquez berbentuk cerita pendek dan novelet seperti “Big Mama's Funeral”, “Strange Pilgrims”, dan “ A Country for Children” serta karya lainnya.

Pria yang akrab dipanggil Gabo ini merupakan teman baik dari tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro. Dia oertama kali bertemu dengan Castro pada 1959 setelah kemenangan Revolusi Kuba. Namun hubungan mereka kemudian sedikit terganggu setelah penangkapan Heberto Padilla, seorang penyair Kuba yang dipenjara oleh rezim Fidel Castro.

Pada 17 April 2014, Gabo meninggal dunia di Mexico City akibat paru-paru basah yang dideritanya. Semasa hidupnya dia juga menderita demensia dan kanker.
DarkLight