Fabby Tumiwa

Lahir-
Profesi
Karier
  • Direktur Eksektutif Institute for Essential Services Reform (IESR)

Fabby Tumiwa adalah Direktur Eksektutif Institute for Essential Services Reform (IESR) sekaligus merupakan anggota dewan pengarah PWYP Indonesia. Fabby dikenal sebagai salah satu pakar dalam isu energi di Indonesia, kebijakan perubahan iklim dan industri ekstraktif.

Ia telah bekerja lebih dari lima belas tahun untuk pembangunan energi terbarukan, kebijakan kelistrikan, energi efisiensi dan perubahan iklim, Fabby juga menuliskan pemikirannya dalam sejumlah artikel di media massa dan berbicara di berbagai forum pertemuan internasional.

Selama lima belas tahun pula Fabby telah menjadi anggota delegasi Indonesia untuk konferensi perubahan iklim dan memberikan analisa dan masukan yang berkaitan dengan pendanaan dan mitigasi.
Fabby pernah menjadi anggota kelompok kerja pendanaan iklim dan negosiasi internasional pada Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI).

Saat ini dia menempati posisi sebagai anggota kelompok kerja sektor energi dalam Dewan Pengarah Perubahan Iklim, dan sekaligus anggota dewan amanat Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) sejak tahun 2014.

Ayah dari dua orang anak ini adalah anggota satuan tugas Sumba Iconic Island di bawah Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Dia memberikan masukan kebijakan kepada kementrian pemerintah di Indonesia dan lembaga organisasi internasional seperti UNDP, Bank Dunia, GIZ dan USAID.