Euis Sunarti

Guru Besar bidang Ketahanan Keluarga di Institut Pertanian Bogor (IPB)
LahirBandung, Jawa Barat, Indonesia, 18 Januari 1965
ProfesiGuru Besar bidang Ketahanan Keluarga di Institut Pertanian Bogor (IPB)
Karier
  • Dosen/pengajar Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB) (1987)
  • Guru Besar bidang Ketahanan Keluarga di Institut Pertanian Bogor (IPB)

Prof Dr Euis Sunarti adalah seorang Guru Besar bidang Ketahanan Keluarga di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sehari-hari Euis mengajar di Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, IPB. Ia menjadi dosen IPB sejak 1987 dan sejak 2000 melakukan penelitian dan menulis mengenai Ketahanan-kesejahteraan-pemberdayaan keluarga, juga ekologi keluarga.

Perempuan kelahiran Bandung, 18 Januari 1965 itu pernah meluncurkan tiga buah buku Family Kit Ketahanan Keluarga, Buku Potret Ketahanan Keluarga Indonesia di Wilayah Khusus dan Potret Ketahanan Keluarga menurut Keragaman Pola Nafkah pada 2013.

Ia juga aktif di berbagai forum akademik internasional seperti International Community, Work, Family (CWF) di Sydney dan Konferensi International Work Family Researcher Network (WFRN) di New York.

Euis Sunarti beserta beberapa akademisi lainnya sempat mengajukan permohonan ke Mahkamah Konstitusi. Euis meminta para lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) dihukum penjara maksimal 5 tahun. Selain itu, Euis dan kawan-kawan juga meminta para pelaku kumpul kebo dan perkosaan sejenis juga dipenjara.

Menurut Euis dan kawan-kawan, homoseksual haruslah dilarang tanpa membedakan batasan usia korban, baik masih belum dewasa atau sudah dewasa. Sehingga para pelaku lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) dikenakan Pasal 292 KUHP dan dipenjara maksimal 5 tahun.

Gagasan tersebut membawa Euis menjadi Kepala Pusat Studi Bencana LPPM IPB, pendiri Forum Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Risiko Bencana (FPT-PRB), Koordinator Penelitian FPT-PRB, menjadi inisiator dan deklarator pendirian Platform Nasional (PLanas) PRB, Ketua Kelompok Kerja sociodemografi IABI (Ikatan Ahli Bencana Indonesia), dan menjabat Dewan Pengarah Planas PRB (2015-2017).

Secara insidentil Euis menjadi narasumber berbagai seminar dan workshop di BKKBN, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Bappenas.