Ernest Prakasa

LahirJakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 29 Januari 1982
Profesi
Karier
  • Pelawak Tunggal Seniman

Ernest Prakasa adalah seorang pelawak tunggal Indonesia atau yang lebih kita kenal dengan istilah Stand Up Comedy.

Ia dikenal sejak meraih peringkat ketiga dalam acara Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) pada 2011 dan juga dikenal sebagai seorang komedian Tionghoa-Indonesia yang sering menjadikan kehidupan etnisnya sebagai materi komedi tunggal.

Awal karier Ernest adalah di industri musik, yakni dengan bergabung bersama Universal Music. Ia lalu melanjutkan kiprahnya di Sony Music. Nyaris enam tahun berkutat di industri musik, Ernest mendaftarkan diri ke program televisi Kompas TV, yakni Stand Up Comedy Indonesia.

Ia berhasil lolos audisi dan terpilih menjadi satu dari 13 finalis dari seluruh Indonesia, dan meraih peringkat ketiga dalam kompetisi tersebut. Ernest akhirnya memutuskan diri untuk terjun dan menekuni profesi pelawak tunggal secara penuh.

Selain memiliki bakat melawak, Ernes juga memiliki bakat menulis serta berakting. Dia sangat cerdas, bahkan sudah banyak buku yang telah ia terbitkan.

Ernest juga pernah membintangi film diataranya adalah Ku Kejar Cinta ke Negeri Cina yang diproduksi tahun 2014, Comic 8 tahun 2014, CJR The Movie tahun 2015, Comic 8: Casino Kings tahun 2015.

Sudah banyak film maupun acara-acara yang dibintangi oleh Ernest bahkan Ernest sering kali mondar-mandir di layarkaca tanah air.