Emerson Yuntho

Anggota divisi Judicial Monitoring di Indonesia Corruption Watch
Lahir-
Profesi Anggota divisi Judicial Monitoring di Indonesia Corruption Watch
Karier
  • Anggota divisi Judicial Monitoring di Indonesia Corruption Watch
Pendidikan
  • Universitas Gadjah Mada

Emerson Yuntho merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Ia menempuh pendidikannya di jurusan Ilmu Hukum pada tahun 1996, dan lulus pada tahun 2001. Saat ini, Emerson Yuntho sedang menjalankan tugasnya sebagai anggota divisi Judicial Monitoring di Indonesia Corruption Watch.

Indonesia Corruption Watch atau sering disebut dengan ICW merupakan sebuah organisasi non-pemerintah (Non Govermeent Organization) yang memiliki misi untuk mengawasi dan melaporkan kepada publik mengenai aksi korupsi yang terjadi di Indonesia.

Pada awal kelahirannya, tepatnya pada tanggal 21 Juni 1998, Indonesia Corruption Watch dipimpin oleh Teten Masduki, bersama dengan Todung Mulya Lubis, dan Faisal Basri. Indonesia Corruption Watch aktif mengumpulkan data-data korupsi para pejabat negara, mempublikasikannya ke masyarakat, dan jika diperlukan, Indonesia Corruption Watch melakukan gugatan class-action terhadap pejabat-pejabat yang korup. Saat ini, koordinator Indonesia Corruption Watch dipercayakan kepada Adnan Topan Husodo, dan divisi Divisi Judicial Monitoring dipercayakan kepada Emerson Yuntho bersama kawan-kawan