Dolores O'Riordan

LahirIrlandia, 6 September 1971
Profesi
Karier
  • Penyanyi Irlandia
Penyanyi asal Irlandia yang bernama panjang Dolores Mary Eileen O'Riordan ini merupakan vokalis dari grup musik The Cranberries. Dolores meninggal dunia pada 15 Januari 2018 di usianya yang ke 46 tahun. Dolores meninggal di sebuah hotel di London.

Kariernya di dunia musik dimulai pada 1990, saat dia audisi untuk mengisi vokalis pada band bernama The Cranberry Saw Us. Band ini kemudian berganti nama menjadi The Cranberries.

Pada 1 Maret 1993 album perdana dari band tersebut dirilis dengan judul “Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?”. Album tersebut mempunyai lagu andalan yaitu "Dreams" dan "Linger".

Kemudian pada 1994, album keduanya dirilis berjudul “o Need to Argue”. Dalam lagu ini terdapat lagu “Zombie” yang membuat The Cranberries semakin dikenal. Bersama The Cranberries dia telah meluncurkan tujuh album.

Pada akhir 2003, The Cranberries memutuskan untuk vakum. Karena hal tersebut, Dolores sempat bersolo karier dan meluncurkan dua album Are You Listening? (2007) dan No Baggage (2009).

Selain itu, Dolores juga pernah membentuk D.A.R.K bersama mantan pemain bass The Smiths, Andy Rourke dan merilis album pada 2016.

Setelah vakum cukup lama, The Cranberries muncul kembali dengan meluncurkan album pada 2012 berjudul “Roses”. Tahun 2017, album “Something Else” diluncurkan. Album ini berisi 13 yang terdiri dari 10 lagu lawas yang digarap ulang dengan pendekatan orkestra, dan tiga lagu baru.

Pada Mei 2017, tur The Cranberries di Eropa terpaksa dibatalkan karena Dolores menderita sakit punggung. Kemudian pada akhir 2017, Dolores dikabarkan sudah pulih. Kemudian pada pertengahan Januari 2018, The Cranberries sedang berada di London. Di kota inilah Dolores meninggal dunia di sebuah hotel.

Sumber:
Vokalis Cranberries Dolores O'Riordan Meninggal Dunia