Dick Dale

LahirBoston, US, 4 Mei 1937
Profesi
Karier
  • Musisi Amerika Serikat
Richard Anthony Monsour atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Dick Dale merupakan seorang musisi dan gitaris yang terkenal dengan lagu-lagunya seperti “Miserlou” dan “Let’s Go Trippin” yang membuatnya mendapat gelar “King of the Surf Guitar”.

Ketika Dale dan keluarga berpindah ke LA pada 1954, pria kelahiran Boston, 4 Mei 193 ini mulai mencintai gitar listrik. Hingga akhirnya dia mulai membangun klub penggemarnya di Los Angeles dengan memberikan penampilan berulang kali di Rendezvous Ballroom di Pantai Newport dengan memainkan lagu “Miserlou”, “Wed The Wedge”, “Night Rider” dan instrumen lainnya.

Dale merilis album pertamanya “Surfer’s Choice” pada tahun 1962, disusul dengan empat album lainnya selama dua tahun kedepan, termasuk lagu-lagu popular lainnya, “Jungle Fever”, “Shake-N-Stomp”, dan “Swingin and Surfin” yang juga menjadi soundtrack untuk film Beach Party (1963) dan sekuelnya. Namun, kariernya meredup setelah The Beatles memimpin musik Inggris dalam tangga lagu pop pada tahun 1964 dan label rekaman yang juga membuatnya terpuruk.

Untuk hubungan asmara, Dale pernah menikah dua kali. Pertama dia melabuhkan hatinya kepada seorang perempuan bernama Jeannie Monsour, penari Las Vegas yang bekerja dengan Dale pada tahun 1970-an dan mendapat seorang putra bernama James.

Pada tahun 2012, Dale mengakui dirinya sudah tidak berhubungan dengan sang istri, Jeannie dan sang putra, James. Pada tahun 2015, Dale menikah lagi dengan perempuan bernama Lana, yang tidak lain adalah manajernya.

Pada 16 Maret 2019, Dale menghembuskan nafas terakhirnya di usia 82 tahun karena penyakit gagal jantung.