Daniel Craig

LahirChester, Inggris, 2 Maret 1968
Profesi
Karier
  • Aktor Hollywood


Daniel Wroughton Craig atau yang lebih dikenal dengan nama Daniel Craig, atau biasa juga dipanggil DC adalah seorang aktor dan produser film yang berasal dari Inggris. Ia saat ini dikenal sebagai aktor resmi keenam yang memerankan karakter agen rahasia MI6 Inggris, James Bond sejak tahun 2006 menggantikan aktor sebelumnya, Pierce Brosnan. Karier internasional Craig dimulai pada tahun 2001 saat ia bermain bersama Angelina Jolie dan Iain Glen dalam film Lara Croft: Tomb Raider.

Selain dalam James Bond, Craig juga berperan dalam beberapa film yang lain di antaranya The Golden Compass (2007) dan Defiance (2008). Craig sendiri merupakan seorang sarjana seni dari Sekolah Tinggi Musik dan Drama Guidhall di London di mana ia lulus pada tahun 1991. Ia juga sempat bergabung bersama Persatuan Pemain Teater Muda Inggris pada usia 16 tahun pada tahun 1984. Film pertamanya antara lain adalah: The Power of One, A Kid in King Arthur’s Court dan film televisi Sharphe’s Eagle.

Sebelum terpilih menjadi aktor film James Bond, Daniel Craig merupakan salah seorang aktor yang gemar merokok. Kebiasaannya ini kemudian berubah setelah Craig resmi terpilih menjadi pemeran James Bond, karena ia kemudian menghentikan kebiasaan merokoknya, dan bahkan menyewa seorang ahli fitnes untuk membantu melepaskannya dari kebiasaan merokok.

Dalam dunia permainan video, Daniel Craig merupakan seorang pemain handal dalam beberapa game, di antaranya game-game berjenis RPG. Ia kemudian mendapatkan kesempatan sebagai salah satu orang pertama yang memainkan video game Quantum of Solace pada tahun 2009, dan juga turut senang dengan dirilisnya remake versi video game GoldenEye pada tahun 2010.

Daniel Craig dikabarkan akan kembali berakting dalam film "James Bond". Dari rumor yang beredar, aktor "Spectre" itu berubah pikiran dan akan bergabung dalam film Bond yang kelima, "Bond 25".

Daniel dikabarkan mendapat tawaran honor hingga 154 juta dolar AS untuk dua film "Bond" berikutnya. Penulis skenario "Skyfall" dan "Spectre" John Logan dilaporkan kembali terlibat dalam proyek tersebut.