Bryan Singer

LahirNew York City, US, 17 September 1965
Profesi
Karier
  • Sutradara Amerika Serikat
Bryan Singer memiliki nama lengkap Bryan Jay Singer, dia merupakan seorang sutradara, produser film, penulis, dan aktor Amerika. Singer merupakan pendiri Bad Hat Harry Productions dan dia telah memproduksi atau bekerjasama memproduksi setidaknya seluruh film yang disutradarai oleh dirinya.

Pria kelahiran New York, 17 September 1965 ini memulai kariernya dengan menggarap film “Lion's Den” pada tahun 1988. Singer diketahui merupakan seorang yang secara terbuka menerima orientasi bisexual. Meski begitu kariernya sebagai sutradara sangat di akui di dunia perfilman Hollywood. Beberapa filmnya yang berhasil meraih banyak penghargaan seperti, “The Usual Suspects” yang dirilis pada tahun 1995, “Valkyrie” yang dirilis pada tahun 2008.

Singer juga menggarap film superhero seperti film “X-Men” pada tahun 2000, “Superman Returns” pad tahun 2006, “X-Men: First Class” tahun 2011, “X-Men: Days of Future Past” tahun 2014, “X-Men: Apocalypse” pada tahun 2016, ke-4 film X-Men garapannya ini telah mengantongi keuntungan hingga 3 miliar dolar AS selama dua dekade.

Film garapan Singer terbaru yang juga kembali menuai banyak penghargaan dan prestasi adalah “Bohemian Rhapsody” film ini merupakan film biografi vokalis band Queen, Freddie Mercury.

Singer menjadi sorotan media karena dia terlibat kasus pelecehan seksual anak dibawah umur selama 20 tahun terakhir. Kasus ini juga berdampak kepada film “Bohemian Rhapsody”, film ini telah  dicoret dari daftar nominasi GLAAD Media Awards 2019.