Brie Larson

LahirSacramento, Amerika Serikat, 1 Oktober 1989
Profesi
Karier
  • Produser FIlm Amerika Serikat (2013)
  • Aktris Amerika Serikat (1998)
Brianne Sidonie Desaulniers atau yang lebih dikenal publik dengan Brie Larson merupakan aktris Amerika Serikat yang namanya semakin ramai terdengan saat membintangi salah satu film Marvel Cinematic Universe, Captain Marvel.

Semasa muda, Brie dikenal aktif menjadi aktris pemeran pembantu di beberapa acara serta film komedi. Setelahnya, Brie mulai mendapatkan tawaran menjadi karakter utama film drama independen ataupun franchise serta berhasil meraih penghargaan-penghargaan bergengsi seperti Academy Award, BAFTA Award, serta Golden Globe.

Pada usianya yang ke-6 tahun, Brie menjadi pelajar termuda yang mengikuti program pelatihan di American Conservatory Theater. Dia kemudian di relokasi ke Los Angeles dan memulai karier beraktingnya di tahun 1998 pada sketsa komedi The Tonight Show with Jay Leno. Brie juga muncul secara reguler di sitkom tahun 2001 yang berjudul Raising Dad serta memulai kariernya bermusik dengan meluncurkan album Finally Out of P.E. di tahun 2005.

Brie juga pernah membintangi sejumlah film ternama seperti Hoot (2006), Scott Pilgrim vs. the World (2010), serta 21 Jump Street (2012) dan juga muncul di serial televisi remaja United States of Tara (2009-2011). Terobosan kariernya di dunia akting ketika dia membintangi drama Short Term 12 di tahun 2013 dan menjadi pemeran pembantu di film romansa The Spectacular Now (2013) dan film komedi Trainwreck (2015). Brie juga mendapatkan penghargaan Best Actress dari Academy Award atas perannya di film drama Room (2015). Pada tahun 2017, dia berperan di film Kong: Skull Island yang menjadikan film tersebut milestone pribadinya setelah sukses menjadi film dengan pendapatan terbesar setelah rilis.

Selain di dunia peran, Brie juga sempat menjadi penulis naskah serta director (pembantu) untuk film pendek yang berjudul The Arm (2012) dimana film tersebut mendapatkan special jury prize di Sundance Film Festival (Festival Film Suncance). Dia menjabat di posisi yang sama untuk film Weighting yang tayang di tahun 2013. Debutnya sebagai director film dimulai pada tahun 2017 dengan film drama-komedi independennya yang berjudul Unicorn Store. 

Brie juga menjadi advokat dari kasus-kasus pelecehan seksual dan sangat vokal terhadap isu-isu sosial dan politik.



Source: IMDB