Bob Dylan

LahirDuluth, Minnesota, Amerika Serikat, 24 Mei 1941
Profesi
Karier
  • Penyanyi, penyair Amerika Serikat

Bob Dylan adalah seorang penyanyi-penulis lagu, musisi dan penyair Amerika. Bob Dylan lahir di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat pada 24 Mei 1941. Hingga kini, Bob Dylan termasuk dalam salah satu penyanyi legendaris dunia.

Dedikasi Dylan pada dunia musik begitu besar. Karya-karyanya banyak berkaitan dengan masalah politik, filosofi, sosial, perjuangan, hak asasi dan kemanusiaan. Dia adalah vokalis yang sangat berpengaruh sekaligus musisi yang memiliki begitu banyak karakter melalui suaranya dan penampilannya. Namun, yang paling mengesankan adalah bagaimana dia dipengaruhi oleh kehidupan yang penuh perubahan.

Tempatnya dalam budaya Amerika dan Eropa pada sepertiga terakhir dari abad ke-20 hingga sekarang memang unik. Dia menerima Penghargaan Nobel Sastra tahun 2016 karena karyanya yang telah menciptakan jenis ekspresi puitis baru dalam tradisi lagu Amerika yang mengagumkan.

Sejumlah karya terbaik Dylan berasal dari tahun 1960-an, ketika dirinya menjadi dokumentarian dan tokoh pergolakan Amerika. Sebagian lagu-lagunya, seperti Blowin' in the Wind dan The Times They Are A-Changin, menjadi 'lagu kebangsaan' dari gerakan anti perang dan gerakan hak-hak sipil.

Dylan tetap merupakan seniman yang populer dan berpengaruh. Albumnya yang terbaru memuat lagu-lagu baru, Love and Theft, menduduki tempat kelima pada tangga lagu-lagu terpopuler di AS dan ketiga di Britania.