Bimanesh Sutarjo

Dokter Spesialis penyakit dalam
Lahir: -
Karir
  • Dokter Spesialis penyakit dalam
Pendidikan
  • Universitas Indonesia
DR.Dr.H.Bimanesh Sutarjo, SpPD, KGH, FINASIM adalah seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Ginjal & Hipertensi yang saat ini bertugas di Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Barat.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini pernah menangani Setya Novanto saat mengalami kecelakaan pada Kamis (16/11/2017) lalu. Ia bertugas di Rumah Sakit Medika Permata Hijau sejak tahun 2002. 

Bimanesh saat ini juga membuka praktik pengobatan di Rumah Sakit Polri Sukanto. Setelah mengambil pendidikan spesialis penyakit dalam, ia kemudian melanjutkan pendidikan S3 nya di di Institut Pertanian Bogor dengan mengambil spesialisasi molecular biology. 

Pada Rabu (10/1/2018), nama Bimanesh tercatat dalam surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) sebagai tersangka bersama dengan Fredrich dalam upaya merintangi penyidikan dalam sidang kasus korupsi e-KTP.

Pada 16 Juli 2018, Bimanesh divonis 3 tahun penjara oleh majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Bimanesh juga dituntut untuk membayar Rp 150 juta subsider 1 bulan kurungan. Vonis yang diterima Bimanesh lebih ringan dari tuntutan jaksa KPK yaitu penjara enam tahun dan denda Rp 300 juta subsider tiga bulan kurungan.

Pada tanggal 5 November 2018, Pengadilan Tinggi Jakarta memperberat hukuman terhadap terpidana kasus merintangi penyidikan Bimanesh Sutarjo jadi hukuman penjara selama 4 tahun dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan. Dalam putusan tersebut dikatakan, Bimanesh telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan menghalangi penyidikan terhadap tersangka dalam perkara korupsi.

Sumber riset: http://www.rsmph.co.id/index.php/doctor/28

KPK Tanggapi Penetapan Tersangka dr Bimanesh Terkait Kasus Novanto
DarkLight