Barry Barish

LahirAmerika Serikat, 27 Januari 1936
Profesi
Karier
  • Ahli Fisika Amerika
Pendidikan
  • University of California, Berkeley

Barry Clark Barish adalah seorang fisikawan eksperimental Amerika dan juga peraih Nobel. Dia adalah seorang Profesor Fisika Linde, emeritus di Institut Teknologi California. Barry Dia ahli dalam gelombang gravitasi.

Pada tahun 2017, Barish dianugerahi Hadiah Nobel bidang Fisika bersama Rainer Weiss dan Kip Thorne "untuk kontribusi yang menentukan pada detektor LIGO dan pengamatan gelombang gravitasi".

Barish lahir di Omaha, Nebraska, putra Lee dan Harold Barish. Keluarga orang tuanya adalah imigran Yahudi dari Polandia yang sekarang berada di Belarus. Ia dibesarkan di California selatan, dan bersekolah di Los Angeles. Ia meraih gelar B.A. bidang fisika pada 1957 dan gelar Ph.D. bidang fisika energi tinggi eksperimental pada 1962 di University of California, Berkeley.

Ia bergabung dengan Caltech pada tahun 1963 sebagai bagian dari upaya eksperimental baru dalam fisika partikel menggunakan akselerator partikel perbatasan di laboratorium nasional. Barish menjadi penyelidik utama Observatorium gelombang gravitasi Laser Interferometer (LIGO) pada tahun 1994 dan direktur pada tahun 1997.

Dia memimpin usaha tersebut melalui persetujuan pendanaan oleh Dewan Ilmu Pengetahuan Nasional NSF pada tahun 1994, pembangunan dan commissioning interferer LIGO di Livingston, LA dan Hanford, WA pada tahun 1997. Dia menciptakan LIGO Scientific Collaboration, yang sekarang berjumlah lebih dari 1000 kolaborator di seluruh dunia untuk melaksanakan sains.

Sumber riset: Shttps://en.wikipedia.org/wiki/Barry_Barish