Arifin Panigoro

Owner Medco Group
Lahir: Bandung, 14 Maret 1945
Karir
  • Owner Medco Group

Arifin Panigoro adalah pemilik Medco Group. Menurut Forbes, Total kekayaannya mencapai US$450 juta.

Dia lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 14 Maret 1945. Sebelum memiliki usaha sendiri, Arifin melalui proses menjadi pegawai terlebih dahulu. Lusousan Jurusan Elektro, Institut Teknologi Bandung ini pernah bekerja sebagai Senior Executive Programme Institute of Business Administration, Fountainebleau, Perancis tahun 1979. Setelah mendapatkan cukup pengalaman, ia kembali ke Indonesia lalu menunjukkan diri di berbagai kegiatan bisnis.

Arifin Panigoro bukan hanya seorang pengusaha, tetapi juga seorang politikus. Dia sempat bergabung dengan partai Persatuan Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Keanggotaannya di dalam partai ini cukup strategis, ia pernah terpilih menjadi Ketua DPP dan Ketua Fraksi PDIP pada tahun 2002-2003. Akan tetapi, ia tak bertahan lama di partai berlambang banteng ini. Ia putus hubungan dengan partai dan mengundurkan diri dari DPR pada tahun 2005.

Sebelum bergabung dengan PDIP, ia sempat bergabung dalam mendirikan partai baru yang bernama Partai Demokrasi Pembaruan bersama-sama dengan Sophan Sophian, Laksamana Sukardi, Roy B.B. Janis, Sukowaluyo Mintohardjo, Noviantika Nasution, Didi Supriyanto, Tjiandra Wijaya, Postdam Hutasoit, dan R.O. Tambunan.

Tahun lalu, Arifin mengakuisisi 76 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara (Newmont). Nilai akuisisi tersebutmencapai US$2,2 miliar atau setara dengan Rp30,1 triliun.

Saham yang dibeli oleh Arifin Negoro adalah saham yang sebelumnya dimiliki oleh empat grup besar yaitu Nusa Tenggara Partnership B.V, PT Multi Daerah Bersaing, PT Pukuafu Indah, dan PT Indonesia Masbaga Investama.

Newmont adalah perusahaan penambangan di Nusa Tenggara Barat. Komoditi utama perusahaan ini ialah Batu Hijau. Newmont menandatangani Kontrak Karya dengan pemerintah Indonesia untuk pertama kalinya pada 1986.

 

 

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
Juni 2020
Data diambil dari 500 top media online dan 19 sentiment publik
53%
5%
42%
Mei 2020
Data diambil dari 500 top media online dan 725 sentiment publik
83%
7%
10%
DarkLight