Arief Sulistyanto

LahirNganjuk, Jawa Timur, Indonesia, 24 Maret 1965
Profesi
Karier
  • Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Polri (2017)
Irjen Arief Sulistyanto adalah Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Arief lahir di Nganjuk, Jawa Timur pada 24 Maret 1965. 

Arief memulai kariernya di kepolisian pada tahun 1987 dengan bertugas di Pamapta Polresta Surabaya Selatan Polda Jawa Timur.  Pada 2003 ia menjabat sebagai Kapolres Indragiri Hilir Polda Riau, dua tahun kemudian, yakni pada 2005 ia dipercaya menjabat sebagai Kapolres Tanjungpinang Polda Riau. 

Pada 2010, ia menjabat sebagai Dirtipedeksus Bareskrim Polri. Setelah tiga tahun, ia dipercaya menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat menggantikan Brigjen Pol Arie Sulistyo. Sedangkan posisi Dirtipideksus Polri diiisi Brigjen Pol A Kamil Razak yang sebelumnya ditugaskan di Pusat Pelaporan Analisis Keuangan (PPATK). Pada 2014, Brigjen Pol Arief Sulistyo selaku Kapolda Kalimantan Barat dimutasi menjadi Staf Ahli Madya.

Terakhir, pada 2017 ia dilantik menjadi Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Polri. Setahun setelah menjabat, Arief Sulistyanto tuai Pujian. Dalam diskusi yang diadakan di kawasan Senen, Jakarta, Arief dianggap berhasil melakukan pembenahan dalam sistem perbaikan SDM Polri.

Salah satu pembicara yang hadir yaitu pengacara Novel Baswedan, Haris Azhar menyampaikan, Arief Sulistyanto harus menjadi panutan bagi anggota Polri yang lain.

Meski menilai Arief adalah sosok yang berjasa dalam pembangunan SDM Polri, Haris menegaskan bahwa peran Arief tak lengkap tanpa adanya pengaruh Tito Karnavian.

“Kalau enggak ada Pak Tito, habis semua ini,” kata mantan Koordinator KontraS ini dalam diskusi yang dihadiri jajaran perwira Polri, termasuk Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto itu, Sabtu (24/3/2018). 

Sumber riset: Setahun Jadi Asisten SDM Kapolri, Arief Sulistyanto Tuai Pujian