Ariana Grande

Penyanyi Solo Amerika Serikat
LahirBoca Raton, Florida, Amerika Serikat, 26 Juni 1993
ProfesiPenyanyi Solo Amerika Serikat
Karier
  • Penyanyi Solo Amerika Serikat

Ariana Grande Butera adalah seorang penyanyi dan aktris asal Amerika Serikat. Dia dilahirkan di kota Boca Raton, Florida dan bersekolah di North Broward Preparatory School. Ariana membuat debut aktingnya pada tahun 2008 dalam peran Charlotte di 13 di Broadway. Sejak 2010 hingga 2013, ia memerankan Cat Valentine pada serial televisi Nickelodeon Victorious dan juga peran pada serial spin-off Sam & Cat.

Pada Maret 2013, Ariana mencapai kesuksesannya setelah singlenya yang berjudul "The Way" dari album debutnya Yours Truly (2013) masuk sepuluh besar pada chart Billboard Hot 100, hits Top 40 dan hits Top 10 serta mendapat sertifikasi Platinum di AS (RIAA) dan Emas di Australia (ARIA).

"The Way" terjual lebih dari 120.000 kopi dalam 48 jam pertama dan telah terjual lebih dari 219.000 copy, serta menjadi lagu terlaris pada minggu pertama dengan angka penjualan terbesar ketiga pada 2013 setelah Justin Timberlake dengan "Suit & Tie" dan One Direction dengan "Best Song Ever".

Album "Yours Truly" mendapat pujian dan debutnya menjadi nomor satu di Billboard 200. Hal ini membuat Ariana menjadi artis wanita pertama yang memiliki rekor debut dan berada di posisi puncak sejak single "Animal" milik penyanyi Kesha pada bulan Januari 2010, dan menjadi artis perempuan kelima belas secara keseluruhan.

Karakter Charlotte yang diperankan oleh Ariana dalam musik 13 di Broadway, membuatnya berhasil memenangkan Penghargaan Asosiasi Teater Pemuda Nasional. Sejak aktif bermusik, Ariana meninggalkan SMA-nya, North Broward Preparatory School, tetapi terus untuk mendaftarkan diri.

Sekolah mengirimkan bahan pelajaran kepadanya sehingga dia bisa belajar dengan dirumah. Pada tahun 2010, dia memainkan peran Miriam dalam teater musikal baru, "Cuba Libre", yang ditulis dan diproduksi oleh Desmond Child. Ia juga memerankan karakter Cat Valentine pada serial televisi Nickelodeon Victorious, yang ditayangkan Maret 2010.

Ariana juga ditampilkan dalam Dream Magazine sebagai gadis sampul untuk edisi Agustus 2011. Pada 2011, Ariana menjadi pengisi suara animasi peri, Princess Diaspro, pada serial televisi Nickelodeon Winx Club dan membintangi peran Snow White bersama dengan Charlene Tilton dan Neil Patrick Harris pada pantomime produksi Pasadena Playhouse, A Snow White Christmas, pada 13–23 Desember, 2012.

Ariana memiliki jangkauan vokal empat oktaf. Suaranya telah dibandingkan dengan Mariah Carey dan Whitney Houston. Ariana Grande sering disebut "mini Mariah Carey" dan telah dianggap sebagai "New Mariah Carey" oleh para kritikus karena memiliki karakter kuat dan rentang vokal yang lebar.