Angelina Jolie

LahirLos Angeles, 4 Juni 1975
Profesi
Karier
  • Aktris Amerika

Angelina Jolie Voight atau yang lebih akrab dikenal Angelina Jolie merupakan aktris papan atas Amerika kelahiran 4 Juni 1975. Dia terlahir dari pasangan Jon Voight dan Marcheline Bertrand. Ayahnya merupakan aktor kenamaan. Ibunya merupakan mantan aktris yang berhenti berkarier ketika bercerai dari ayah Jolie.

Meski sedari kecil dekat dengan dunia seni peran, bahkan memiliki orang tua baptis aktor Jacqueline Bisset dan Maximilian Schell, Jolie tidak pernah didorong untuk menekuni seni peran. Ketertarikan Jolie dimulai ketika dia sering menonton film bersama ibunya. Jolie ikut kursus di Lee Strasberg Theatre Institute selama dua tahun.

Semasa remaja hingga dewasa muda, Jolie mengalami masa-masa yang sulit. Dia pernah melakukan percobaan bunuh diri di usia 19 dan 22 tahun. Namun, setelah mengadopsi anak pertamanya, Maddox Chivan, dia mendaku lebih stabil.

Karier profesional Jolie dimulai ketika dia membintangi film “Cyborg 2”. Setelah itu, dia banyak membintangi film dan serial televisi, salah satunya TNT’s George Wallace, film yang membuatnya mendapatkan Golden Globe Award untuk kategori Best Supporting Actress – Series, Miniseries or Television Film.

Selain itu, dia juga pernah memenangkan penghargaan Academy Award dan Golden Globe Award untuk kategori Best Supporting Actress ketika bermain dalam film “Girl, Interrupted”. Dia juga pernah menerima nominasi Best Acress untuk film “Changeling” dari Academy Award, BAFTA Award, Golden Globe Award, dan Screen Actors Guild Award.

Dia juga pernah menerima nominasi Best Actress untuk film “The Tourist” yang dibintanginya bersama Johny Deep. Dia mendapatkan nominasi dari Golden Golden Award. Jolie juga pernah membintangi beberapa film seperti "Mr. & Mrs. Smith" dan "Lara Croft: Tomb Rider".

Sayangnya, prestasinya di dunia seni peran tidak diikuti dengan hubungan baiknya dengan ayahnya. Jolie telah menghapus nama Voight di belakang namanya. Namun, hubungan itu membaik setelah ibunya meninggal karena kanker ovarium.

Jolie pernah menikah dengan Jonny Lee Miller (1996--2000), Billy Bob Thornton (2000--2003), dan Brad Pitt (2014--2016). Dia memiliki enam orang anak. Tiga anak biologisnya, yaitu Shiloh Nouvel Jolie-Pitt dan si kembar Knox Leon Jolie-Pitt dan Vivienne Marcheline Jolie-Pitt. Tigak anak adoptifnya, yaitu Maddox Chivan, Pax Thien, dan Zahara Marley.

Dalam suatu wawancara dengan majalah Vogue, dia pernah mendaku meski dia merupakan aktris papan atas, aktivis, dan memiliki segudang prestasi, dia tetap merasa dalam hati bahwa dia hanyalah anak punk yang bertato. Dia tidak menyangka bahwa dia bisa berada di pencapaiannya sekarang.