Andi Narogong

Pengusaha Indonesia
Lahir: -
Karir
  • Pengusaha Indonesia

Andi Agustinus alias Andi Narogong adalah pengusaha rekanan Kementerian Dalam Negeri, Andi disebut-sebut punya peran sentral dalam megaproyek pengadaan E-KTP senilai Rp 5,8 triliun.

Nama Andi Narogong disebut dalam surat dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut KPK dalam sidang perdana yang digelar di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, pada Kamis, (9/3/2017).

Nama Andi Narogong pertama kali muncul ketika Ketua Komisi II DPR, Burhanudin Napitupulu bertemu dengan Irman selaku Dirjen Dukcapil. Awalnya, Burhanudin meminta uang kepada Irman pada awal Februari 2010 seusai rapat pembahasan anggaran Kemendagri agar usulan Kemdagri soal e-KTP segera disetujui. Namun Irman saat itu mengaku tidak sanggup.

Andi Narogong selaku pengusaha rekanan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mengurusi proyek e-KTP, mulai lebih intens bertemu dengan Setya Novanto, Anas Urbaningrum, dan Muhammad Nazaruddin. Pembahasan anggaran itu pun mencapai konklusi dengan menggunakan uang negara sebesar Rp 5,9 triliu

DarkLight