Ananda Sukarlan

Ananda Sukarlan

timeter overall

-33

Ananda Sukarlan adalah salah seorang pianis yang berasal dari Indonesia. Nama Ananda Sukarlan mendadak jadi pembicaraan publik akibat walk out yang dilakukannya saat Anies Baswedan sedang berpidato.


Kejadian tersebut terjadi pada 11 November 2017 dalam acara ulang tahun ke-90 Kolese Kanisius di Hall D JIExpo Kemayoran. Aksi walk out Ananda ini diikuti oleh hadirin yang hadir dalam acara tersebut. Namun, setelah gubernur Jakarta itu selesai berpidato dan meninggalkan acara, Ananda dan yang lainnya kembali ke tempat duduknya.


Kemudian Ananda menegaskan alasannya melakukan walk out adalah merupakan kritik terhadap panitia yang mengundang orang seseorang dengan nilai-nilai serta integritas yang bertentangan dengan apa yang telah diajarkan kepadanya.


Komposer Rapsodia Nusantara ini selama kariernya pernah masuk buku "The 2000 Outstanding Musicians of the 20th Century". Selain itu, pada 2013, Ananda pernah mendapatkan Penghargaan Diaspora RI pada 2013. Pada 2015, dia mendapatkan  Anugerah Kebudayaan RI.


Ananda juga mendirikan Mendirikan Yayasan Musik Sastra Indonesia (YMSI), yaitu yayasan pendidikan musik bagi anak-anak yang kurang mampu. Desember 2016, Ananda pernah meluncurkan karyanya yang kontroversi. Dalam karyanya itu, komposer yang tinggal di Spanyol ini mengkolaborasikan alunan adzan dengan lagu Natal. Dia mengklarifikasi bahwa itu benar-benar karya dia yang utuh bukan dalam rangka membela Basuki Tjahaja Purnama.



Sumber data:


https://tirto.id/pianis-ananda-sukarlan-walk-out-saat-gubernur-anies-pidato-cz1i


https://id.wikipedia.org/wiki/Ananda_Sukarlan