Amoroso Katamsi

LahirBatavia, 21 Oktober 1938
Profesi
Karier
  • Aktor Indonesia
Amoroso Katamsi adalah seorang aktor Indonesia yang terkenal melalui perannya sebagai Soeharto dalam film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI. Pada 17 April 2018, Amoroso meninggal dunia setelah dirawat di RS TNI Angkatan Laut Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Semasa hidupnya, Amoroso pernah menjadi ketua PARFI. Kariernya di dunia peran dimulai saat dia diajak bergabung kelompok Studi Drama Jogja oleh Rendra. Di sinilah dia mulai berkenalan dengan Arifin C Noer.

Pendidikannya dia selesaikan di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Setelah lulus dia bekerja sebagai dokter dokter TNI AL sebelum dia menekuni kariernya sebagai aktor.

Pada 1970-an, dia bergabung dengan  kelompok Teater Kecil yang dipimpin Arifin C Noer. Film pertamanya yang dia bintangi yaitu Cinta Abadi pada 1976. Film keduanya berjudul Menanti Kelahiran. Dalam film ini, dia mendapatkan peran kecil dan yang menjadi bintang utamanya Deddy Mizwar. Film lain yang dibintanginya yaitu Cinta Putih, Terminal Cinta, Serangan Fajar, Djakarta 1966, Pasukan Berani Mati, Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI dan lain-lain.

Perannya sebagai Soeharto melekat dalam diri ayah dari penyanyi Aning Katamsi ini. Selain dalam film  Pengkhianatan G 30 S PKI, perannya sebagai Soeharto juga terdapat dalam film Djakarta 1966 dan Di Balik 98. Selain membintangi film, Katamso juga sempat berperan dalam sinetron seperti Hidayang, Di Atas Sajadah Cinta dan Tukang Bubur Naik Haji.