STOP PRESS! Diduga Terlibat Plagiasi, Rektor UNJ Diberhentikan Sementara

Alexander Lay

Alexander Lay

timeter overall

+33
Lahir
Ende, 21/09/1973
Profesi
Angggota Dewan Komisaris Pertamina (-)
Agama
Tidak Diketahui
Karier
  • Angggota Dewan Komisaris Pertamina (-)
Pendidikan
  • Jurusan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (-)
  • Sarjana Hukum di Unika Atmajaya Jakarta (-)
  • Master of Laws (LLM) University of Sidney (-)

Alexander Lay adalah anggota Dewan Komisaris Pertamina. Pria kelahiran Ende Flores, 21 September 1973 ini menimba ilmu di Institut Teknologi Bandung jurusan Perminyakan. Ia meraih gelar Sarjana Hukum di Unika Atmajaya Jakarta pada tahun 2003. Alexander melanjutkan jenjang pendidikannya di University of Sidney dan memperoleh gelar Master of Laws (LLM) pada tahun 2006 melalui program beasiswa Australian Developments Scholarships.


Bermodalkan pengalaman yang dimiliki Alex di bidang firma hukum, ia sering terlibat dalam diskusi yang berkaitan dengan reformasi hukum, serta hukum persaingan usaha. Ia lalu mendirikan firma hukum dengan nama Lasut Lay & Pane.


Nama Alexander mulai dikenal publik setelah ia menjadi kuasa hukum dari dua pimpinan KPK yakni Bibit Samat Rianto dan Chandra M. Hamzah dalam kasus cicak versus Buaya tahun 2009 silam.


Alex memiliki rekam jejak yang cukup banyak baik di pemerintahan maupun non-pemerintahan, beberapa diantaranya Staf Khusus Sekretaris Kabinet Republik Indonesia sejak 2005 hingga sekarang, Peneliti Senior di Indonesian Legal Roundtable (ILR) sejak 2010 hingga sekarang, anggota di Australian Reference Group (ARG) sejak 2009 hingga sekarang, dan Instructor of Court Annexed Mediation di Indonesian Institute for Conflict Transformation.


Alexander Lay diangkat sebagai Anggota Dewan Komisaris Pertamina pada tanggal 13 September 2017 melalui Surat Keputusan Nomor SK-194/MBU/09/2017 di Kantor Kementerian BUMN oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.


Sumber riset: https://legaleraindonesia.com/profil-pansel-calon-anggota-kppu-ada-hendri-saparini-rhenald-kasali-hingga-minara-s-ruky/
http://www.wartaandalas.com/berita-menteri-bumn-2017-tetapkan-alexander-lay-sebagai-anggota-dewan-komisaris-pertamina.html
http://jentera.ac.id/pengajar/alexander-lay/