Affandi Koesoema

Pelukis Pelukis (1930-1990)
Lahir: Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia, 1 Januari 1907
Karir
  • Pelukis Pelukis (1930-1990)

Affandi Maestro lukis bergaya ekspresionisnya dan romantisme. Tahun 1950an, Affandi banyak mengadakan pameran tunggal di luar negeri seperti: India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Selama karirnya sebagai Pelukis, Affandi telah membuat lebih dari dua ribu lukisan. Nama Affandi termasuk paling dikenal diantara sekian banyak pelukis Indonesia. Affandi tergolong pemuda berpendidikan karena dia pernah sekolah di AMS yang kala itu hanya dinikmati segelintir pemuda Indonesia.

Sebelum dikenal sebagai pelukis, Affandi pernah menjadi guru dan pernah juga bekerja sebagai tukang sobek karcis dan pembuat gambar reklame bioskop di salah satu gedung bioskop di Bandung. Pada tahun 1930an, Affandi sebagai pelukis Indonesia pernah bergabung dengan pelukis Indonesia lain dalam kelompok Lima Bandung. Bersama Hendra Gunawan, Barli, Sudarso, dan Wahdi. Pameran tunggal pertamanya di tahun 1943 di Gedung Poertaka Djakarta. Dalam Seksi Kebudayaan Poetera Jepang, Affandi dilibatkan sebagai tenaga pelaksana bersama Sudjojono. Ketika Revolusi, Sudjojono dan Affandi terlibat dalam membuat poster-poster perjuangan. Termasuk yang bertulis Boeng, Ajo Boeng!!!

Affandi juga pernah jadi pimpinan pusat Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra). Dia pernah juga menjadi wakil seniman di Parlemen. Sebagian karya-karyanya disimpan di Museum Affandi yang didirikan sejak 1974. Masa tuanya dihabiskan di tepi kali Gajahwong, Yogyakarta, dengan melukis. Affandi meninggal pada 23 Mei 1990.

DarkLight