Adnan Topan Husodo

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW)
Lahir-
ProfesiKoordinator Indonesia Corruption Watch (ICW)
Karier
  • Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW)

Adnan Topan Husodo adalah koordinator dari Indonesia Corruption Watch (ICW) yang merupakan sebuah organisasi non-pemerintah (NGO) dengan tujuan untuk mengawasi serta melaporkan kepada publik mengenai aksi korupsi yang terjadi di Negara Indonesia. ICW aktif mengunpulkan data-data korupsi terkait dengan pejabat tinggi negara, kemudian mengumumkannya kepada masyarakat dan apabila perlu melayangkan gugatan class-action terhadap para pejabat yang melakukan tindakan korupsi.

Adnan pernah membuat tulisan yang berjudul “Pembusukan dari Dalam KPK.” Dalam tulisan tersebut ia mengatakan bahwa tidak sedikit pihak-pihak luar yang ditempatkan di posisi strategis dari KPK yang berkaitan langsung dengan fungsi penegakan hukum di lembaga itu. Tak hanya itu, ia dalam tulisannya juga membahas tentang adanya pembusukan dari dalam lembaga KPK. Menurutnya pembusukan itu dimulai pada saat penempatan pimpinan KPK yang tidak sejalan dengan semangat dan budaya institusi ini.

Hal tersebut memberikan dampak pada keputusan yang diambil oleh pimpinan KPK lebih mennguntungkan pihak tertentu yang tengah berurusan dengan lembaga itu daripada mencerminkan profesionalitas serta independensi KPK.