Adam West

LahirWashington, Amerika Serikat, 18 September 1928
Profesi
Karier
  • Aktor Hollywood

William West Anderson atau yang lebih dikenal dengan nama Adam West merupakan aktor asal Amerika yang dikenal memerankan toh Batman. Peran itu dia diperoleh dalam serial TV Batman yang ditayangkan oleh TV ABC pada 1966. Di antara para aktor yang memerankan Batman, West tercatat sebagai orang telama dalam meemrankan pahlawan Gotham City tersebut.

West terlahir sebagai anak petani di Walla Walla, Washington, sebuah daerah pertanian yang terkenal karena produksi minuman anggurnya. Sejak kecil dia senang tampil untuk bernyanyi atau ikut pentas drama. Darah seninya mengalir dari sang Ibu yang merupakan penyanyi opera sabun dan pianis. Setelah menamatkan studinya di Whitman College, Walla Walla, William mulai terjun ke dunia hiburan. Debut pertamanya sebagai aktor adalah program anak-anak di televisi Hawaii, The Kini Popo Show, pada 1955. Empat tahun kemudian, pada 1959, William sudah membintangi film pertamanya, berjudul “The Young Philadelphians”. Tahun 1966, West mendapatkan peran sebagai Batman menggantikan pemeran Batman sebelumnya yaitu Lewis G Wilson (Batman 1943) dan Robert Lowrey (Batman and Robin 1949). Serial itu bertahan hingga tiga tahun lamanya. Selain itu, Batman juga dijadikan versi filmnya dan membuat nama Adam West semakin terkenal. Selain membintangi Batman, west juga membintangi film The Girl Who Knew Too Much (1969), The Marriage of a Young Stockbroker (1971), Curse of the Moon Child (1972), Hell River (1974), The Specialist (1975), Hooper (1978) dan film lainnya.

Pada 9 Juni 2017, Adam West meninggal dunia di usia 88 tahun setelah dia berjuang melawan .penyakit leukimia yang dideritanya. Adam West meninggalkan sang istri, Marcelle bersama enam anak, lima cucu dan dua cicit.