Abdul Qodir Jaelani

LahirJakarta, 23 Agustus 2000
Profesi
Karier
  • Publik Figur Indonesia
Abdul Qodir Jaelani atau yang lebih dikenal dengan nama Dul/AQJ merupakan seorang musisi yang berasal dari Indonesia serta bass dari grup musik The Lucky Laki serta pemain gitar sekaligus penyanyi dari grup musik Backdoor.

Dul memulai kariernya bermusik bersama Lucky Laki pada 2009. Band keluarga itu berada di bawah asuhan Ahmad Dhani. Lucky Laki berhasil naik daun lewat lagu “Superman” yang termasuk ke dalam album pertamanya yaitu “New Beginning 09”. Pada Indonesian Idol 2012, Lucky Laki secara mengejutkan tampil membawakan lagu yang dipopulerkan oleh Led Zeppelin, Black Dog. Pada tahun yang sama, mereka merilis single "Aku Suka Bersama Orang Yang Aku Suka" yang disingkat menjadi ASBOYS.

Pada tahun 2013 dia membuat grup musik beraliran Grunge yang bernama Backdoor pada tahun 2013. Awalnya posisi Dul di dalam Backdoor adalah pemain bass dan vokalis, setelah itu Dul menjadi pemain gitar sekaligus vokalis untuk Backdoor sejak 2 pemain gitar (Emyr dan Rifo) keluar dari Backdoor. Pada tahun 2015, Dul dan kakaknya, El, membentuk band bernama Ahmad Bersaudara.

Dul pernah mengalami kecelakaan pada Minggu, 8 September 2013 dini hari, Dul mengalami kecelakaan maut di Tol Jagorawi bersama seorang rekannya. Mobil yang dikendarai Dul menabrak pembatas jalan dan menghantam minibus. Akibat kecelakaan ini, 6 orang tewas dan Dul mengalami patah tulang di bagian kaki. Hingga sekarang, polisi menetapkan Dul sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Pada Senin, 29 Oktober 2018 lalu sang ibu Maia Estianty resmi melepas masa jandanya setelah menikah lagi dengan pengusaha Irwan Mussry, dengan kata lain El kini memiliki ayah tiri baru. Sehari setelah pernikahan digelar, untuk pertama kalinya Maia Estianty memamerkan foto keluarga bersama Irwan Mussry, Al Ghazali, El Rumi, serta anak bungsunya, Dul Jaelani.