Luksemburg Gratiskan Transportasi Umum, Dari Bus Hingga Trem

Oleh: Yantina Debora - 20 Desember 2018
Luksemburg gratiskan kereta api, trem dan bus.
tirto.id - Pemerintah Luksemburg akan menjadi negara pertama di dunia yang menggratiskan semua transportasi umum.

Mengutip Guardian, pemerintahan koalisi Xavier Bettel yang kembali memimpin Luksemburg akan menerapkan kebijakan ini pada musim panas 2019.

Transportasi umum yang digratiskan meliputi kereta api, trem dan bus. Hal itu disampaikan Xavier Bettel saat ia dilantik menjadi perdana menteri Luksemburg.

Menggratiskan transportasi umum merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mengurangi kemacetan di negara itu.


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengemudi di Luksemburg menghabiskan rata-rata 33 jam dalam kemacetan lalu lintas pada tahun 2016.

Langkah ini disebut bakal menghemat pengumpulan dan pemrosesan tarif. Selain itu akan mendorong masyarakat bergeser dari mobil pribadi ke transportasi umum.

Dilansir dari Independent, transportasi umum gratis pada dasarnya sudah diterapkan di beberapa negara dengan emnyediaka bus gratis. Namun baru Luksemburg yang menerapkan bebas biaya pada semua sarana transportasi umum.

Selama masa kampanye, Xavier Bettel yang berasal dari Partai Demokrat itu berjanji untuk memprioritaskan isu likungan dan transportasi.

Selain itu, pria yang telah memimpin Luksemburg sejak 2013 itu berencana untuk melegalkan ganja dan menambah dua hari libur nasional.


Baca juga artikel terkait TRANSPORTASI UMUM atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora