Luka Modric Raih Penghargaan Pemain Terbaik Eropa Musim 2017-2018

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 31 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Modric dipilih berkat kontribusinya untuk Real Madrid dan Kroasia.
tirto.id - Luka Modric sukses meraih gelar pemain terbaik Eropa oleh UEFA pada Kamis (30/8/2018). Penghargaan ini diberikan UEFA bersamaan dengan pengundian fase grup Liga Champions musim 2018-2019 di Monaco.

Terpilihnya Modric bukan hal mengejutkan. Ia menjadi pemain yang berperan vital dalam keberhasilan Real Madrid meraih gelar Liga Champions musim lalu, serta menjadi kapten yang membawa Kroasia menembus final Piala Dunia 2018.

Luka Modric terpilih usai menyisihkan dua kandidat lain, Mohamed Salah dan Cristiano Ronaldo. Salah merupakan pemain yang berperan penting membawa Liverpool menembus partai final Liga Champions musim lalu, sementara Ronaldo yang juga mantan rekan setim Modric tidak saja mampu membawa Real Madrid juara. Ia juga sukses menyabet gelar topskor Liga Champions musim lalu.

Namun terbukti, hasil menunjukkan bahwa pencapaian Ronaldo dan Salah belum mampu menyisihkan Modric yang memang merupakan kandidat kuat pemenang. Usai menerima trofi langsung dari Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, Modric mengungkapkan kebahagiaannya.

"Saya merasa antusias dan bangga dengan penghargaan ini. Terima kash klub, rekan, dan pelatih, yang membantu saya dalam momen yang baik maupun kurang baik," ujar Modric.

Secara personal, Modric juga mengungkapkan terima kasih kepada keluarganya. Khususnya, ia menyebut keberhasilannya tak lepas dari bantuan sang ayah.

"Saya rasa ayah saya, dia selalu memberikan dorongan bagi saya untuk bertarung demi meraih mimpi, untuk tidak pernah menyerah. Saya berhutang banyak terhadapnya," sambung eks pemain Tottenham Hotspur itu.

Karier Modric dalam dunia sepak bola dimulai pada 2003, saat dia bergabung dengan klub asal Kroasia, Dinamo Zagreb. Semasa di Zagreb, Modric dipinjamkan ke klub HŠK Zrinjski dan Inter Zaprešić.

Pada 2008, ia memutuskan hijrah ke Inggris untuk memperkuat Tottenham Hotspur. Hingga 2012 Modric tercatat telah tampil sebanyak 127 di The Spurs.

Periode panjangnya bersama Spurs berakhir pada 2012, saat Modric bergabung dengan tim raksasa Spanyol, Real Madrid. Bersama El Real, Modric membuktikan kematangannya sebagai gelandang bertalenta tinggi. Ia merupakan faktor yang berperan penting dalam keberhasilan Real Madrid meraih empat gelar Liga Champions dalam lima musim terakhir.

Bersama Real Madrid, sejauh ini Modric telah tampil dalam 168 pertandingan. Ia juga tercatat punya 113 caps bersama Timnas Kroasia.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan