Luis Milla & PSSI Bertemu, Kembali Jadi Pelatih Timnas Indonesia?

Oleh: Iswara N Raditya - 30 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Luis Milla akhirnya bertemu dengan PSSI dan menjadi salah satu kandidat calon pelatih Timnas Indonesia.
tirto.id - PSSI kepengurusan baru di bawah pimpinan Mochammad Iriawan alias Iwan Bule akhirnya bertemu dengan Luis Milla Aspas. Pertemuan ini dilakukan di lokasi SEA Games 2019 di Manila, Filipina, pada Jumat (30/11/2019) kemarin. Apakah Luis Milla bakal menjadi pelatih Timnas Indonesia lagi?

Jajaran petinggi PSSI hadir dalam pertemuan dengan Luis Milla. Selain Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI, turut pula dua Wakil Ketua Umum yaitu Iwan Budianto dan Cucu Sumantri, Sekjen Ratu Tisha Destria, serta beberapa anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI antara lain Son Hadji, Haruna Soemitro, Endry Erawan, dan Yunus Nusi.

PSSI tampaknya memang melirik kembali Luis Milla sebagai salah satu kandidat pelatih Timnas Indonesia setelah mendepak Simon McMenemy. Pelatih asal Spanyol ini kemudian melakukan presentasi mengenai program-programnya untuk Timnas Indonesia dan persepakbolaan nasional di hadapan para pengurus PSSI.

Luis Milla sebelumnya pernah membesut Timnas Indonesia, termasuk skuad Timnas U23 saat berlaga di Asian Games 2018 lalu. Jika nantinya kembali menangani tim Merah Putih, PSSI memberikan mantan gelandang Barcelona, Real Madrid, dan Valencia ini dengan beban yang cukup berat.


"Dia sudah melatih cukup lama, jadi harusnya bukan cuma proses lagi, tetapi hasil yakni gelar juara seperti yang didambakan masyarakat Indonesia," tandas Cucu Sumantri seperti dikutip dari website PSSI.

“Tentu targetnya adalah juara yang menjadi tolak ukur. Jika gagal, mereka secara sadar harus mengakui dan tidak lagi menyalahkan federasi," imbuhnya.

Jejak karier kepelatihan Luis Milla sebenarnya cukup mentereng. Ia pernah mengantarkan tim nasional Spanyol U21 meraih gelar juara Piala Eropa U21 pada 2011 silam. Beberapa pemain yang ditangani Luis Milla saat itu kini telah menjadi pemain bintang di klub-klub papan atas Eropa.

Ada David De Gea dan Juan Mata yang saat ini menjadi tulang punggung Manchester United, Javi Martínez dan Thiago Alcantara yang berperan vital di Bayern Munchen, juga Dani Parejo sang kapten tim Valencia, bomber Athletic Bilbao Iker Muniain, serta masih banyak lagi.

Sebelum bertemu Luis Milla, PSSI sebelumnya juga telah mendengarkan paparan Shin Tae-yong. Pelatih yang mendampingi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini bertemu dengan PSSI di Malaysia pada 19 November 2019 lalu, juga sebagai salah satu kandidat pelatih Timnas Indonesia pengganti Simon McMenemy.


Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight