Luis Enrique Mundur dari Timnas Spanyol, Diganti Robert Moreno

Oleh: Beni Jo - 20 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Belum genap satu tahun menukangi Timnas Spanyol sejak 9 Juli 2018, Luis Enrique memutuskan mundur dari posisinya sebagai pelatih kepala La Roja. Sebagai ganti, ada nama Robert Moreno.
tirto.id - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Spanyol Luis Enrique Martínez memutuskan untuk mengundurkan diri dari tugasnya menangani La Roja. Sebagai pengganti, ada Robert Moreno yang sebelumnya merupakan asisten Enrique, dan sudah memimpin timnas Spanyol


"Karena beberapa alasan yang mencegah saya untuk mengembangkan tugas sebagai pelatih sejak Maret lalu hingga sekarang, saya telah memutuskan untuk meninggalkan posisi tersebut [sebagai pelatih Spanyol]," beber pernyataan Luis Enrique, dikutip laman resmi Timnas Spanyol pada Rabu (19/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Enrique juga turut menyatakan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang bertanggung jawab di RFEF atas kepercayaan yang selama ini telah diberikan. El Luchi juga mengucapkan terima kasih kepada staf pelatih dan para pemain atas profesionalitas selama ini.

Enrique sendiri menangani Spanyol sejak 9 Juli 2018 silam menggantikan posisi mantan rekannya ketika menjadi pemain La Roja, Fernando Hierro.

Hierro juga bukan pelatih tetap. Ia didapuk menangani Timnas Spanyol di Piala Dunia 2014 secara mendadak akibat pemecatan terhadap Julen Lopetegui yang memutuskan menangani Real Madrid beberapa hari sebelum Piala Dunia 2018 digelar.

Dalam debut Luis Enrique sebagai pelatih kepala, mantan juru taktik AS Roma itu menghasilkan kemenangan untuk Spanyol. Hal itu terjadi pada laga kontra Inggris yang ditutup dengan skor 2-1 di Liga Negara UEFA yang dihelat di Stadion Wembley.

Selama menjadi pelatih kepala Spanyol, persentase kemenangan Luis Enrique mencapai 80 persen. Dari 10 pertandingan yang dijalani, Enrique mencatatkan delapan kali menang dan dua kali kalah.

Sebagai pengganti Luis Enrique, RFEF sudah menunjuk Robert Moreno. Baginya, menangani Timnas Spanyol bukanlah hal baru. Ia sudah menukangi tim dalam tiga laga ketika Enrique absen karena alasan pribadi.

"Robert Moreno González memimpin Spanyol pada usia 41 tahun sebagai pelatih timnas; dan setelah berada di bangku cadangan (menempati posisi Enrique) pada pertandingan kualifikasi EURO 2020 melawan Malta, Kepulauan Faroe, dan Swedia. Ketiga laga itu berakhir dengan kemenangan," keterangan Sefutbol.




Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus