LTMPT: Slip Pembayaran UTBK Sebelum 4 Maret Dinyatakan Tak Berlaku

Oleh: Yantina Debora - 4 Maret 2019
Peserta UTBK SBMPTN 2019 harus melakukan login kembali untuk mencetak slip pembayaran yang baru.
tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan bahwa slip pembayaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN sebelum 4 Maret 2019 dinyatakan tak berlaku lagi.

"Pendaftar yang mempunyai slip pembayaran tertanggal sebelum 4 Maret 2019 untuk melakukan login kembali ke laman pendaftaran UTBK LTMPT untuk mencetak slip pembayaran yang baru. Slip pembayaran yang lama sudah dinyatakan tidak berlaku," tulis LTMPT dilaman resminya pukul 11.00 WIB.

Kemudian dalam pantauan Tirto di laman LTMPT pukul 11.50 WIB, LTMPT kembali mengeluarkan pengumuman baru soal slip pembayaran UTBK 2019.

"Bagi Pendaftar UTBK yang belum membayar atau belum finalisasi atau sudah mendapatkan kartu peserta tapi belum melakukan pembayaran diharuskan login kembali ke laman pendaftaran untuk mendapatkan slip pembayaran yang baru (slip pembayaran yang lama dinyatakan tidak berlaku)," tulis LTMPT.

Sebelumnya, pada pukul 07.00 WIB, LTMPT sempat mengimbau bagi peserta yang sudah terlanjur mencetak kartu peserta tetapi belum membayar, untuk segera melakukan login kembali guna menyelesaikan pembayarannya.


Cara Bayar UTBK SBMPTN 2019

Dalam proses pendaftaran UTBK SBMPTN 2019, peserta diwajibkan untuk membayar biaya sebesar Rp200.000 melalui Bank Mandiri, BNI dan BTN.

Sebelum membayar biaya UTBK, peserta harus mendaftar secara online melalui website LTMPT di https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id.

Mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.

Usai melakukan pendaftaran, calon peserta UTBK SBMPTN akan mendapatkan Kode Bayar yang terdiri dari 11 digit angka.

Kode pembayaran itu yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran di Bank Mandiri, BNI dan BTN. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

Cara membayar UTBK 2019 melalui Bank Mandiri bisa dicek melalui tautan ini. Sedangkan cara membayar UTBK melalui BNI, bisa dicek melalui tautan ini.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH